Analisis Shopping Lifestyle dan Digital Marketing Produk Ramah Lingkungan pada Perempuan Lintas Generasi

Margareta Ernanda Rahardani, Agustinus Kismet Nugroho Jati

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkah laku perempuan dari berbagai generasi (X, Y, dan Z) dalam merespons gaya hidup mereka dalam melakukan pemilihan produk ramah lingkungan. Selain melihat tingkah laku dalam memilih produk ramah lingkungan, dalam penelitian ini juga hendak mengetahui bagaimana respons perempuan antar generasi pada penggunaan digital marketing dalam menentukan pemilihan produk ramah lingkungan. Penelitian deskriptif kuantitatif ini melibatkan 150 perempuan dari berbagai generasi, dengan masing-masing generasi diwakili oleh 50 responden, menggunakan metode purposive sampling. Kuesioner disebarkan secara online melalui Google Form. Hasil dalam penelitian ini didapatkan bahwa gaya hidup perempuan dari generasi Z memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi terhadap produk ramah lingkungan dengan skor sangat baik sebesar 218,56 selanjutnya disusul dengan 208,44 untuk generasi X dan 204,56 untuk generasi Y dengan predikat masing-masing adalah baik. Sementara itu, peran pemasaran digital dalam mempromosikan produk ramah lingkungan mendapatkan umpan balik positif dari perempuan generasi Z dengan total skor 217,4 dengan predikat sangat baik, disusul dengan generasi Y dengan total skor 201,8 dan generasi X dengan total skor 198,2 masing-masing dengan predikat baik.

Keywords

Shopping Lifestyle; Digital Marketing; Generasi Perempuan

References

Abdu, R. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhadap Corporate Image pada PT. AHM di Kota Bandung Tahun 2017. E-Proceeding of Applied Science, 4(2).

Alamsyah, D., Othman, N & Mohammed, H. 2020. The Awareness of Environmentally Friendly Products: The Impact of Green Advertising and Green Brand Image. Management Science Letters, 10(9), 1961-1968.

Alshehri, Manal Saeed, dkk. (2022). Determinants that Affect Females’ Attitudes Toward Online Shopping in the Western Region of Saudi Arabia.Advances in Social Sciences Research Journal – Vol. 9, No. 7.

Coviello, N. Milley, R. & Marcolin, B. (2001). Understanding it-enable interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, Vol. 15 No. 4, P. 18-33

Haryanto, Handrix Chris, dkk. (2022) Bagaimana Perilaku Konsumsi Pro Lingkungan pada Lintas Generasi? (Studi Kualitatif pada Generasi X, Y dan Z). Jurnal Ecopsy Volume 9, Nomor 2, Oktober 2022, 97-123.

Ikapi, Anggota.(2022).The Art of Digital Marketing: Strategi Pemasaran Generasi Milenial. Jakarta: Media Sains Indonesia.

Isma Nurhikmah Apupianti, Ujang Sumarwan, and Netti Tinaprilla. Influences Of Shopping Lifestyle And Reference Groups Towards Purchase Intention Of Preloved Fashion. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, Vol. 5 No. 3, September 2019.

Izzah Nur Masyithoh, Ivo Novitaningtyas. Pengaruh Digital Marketing terhadap Minat Beli Konsumen pada Marketplace Tokopedia. 2019.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller (2016). Marketing Management, 15th Edition. Pearson Education,Inc.

Manongko, Allen A. Ch. (2018). Green Marketing (Suatu Perspektif Marketing Mix & Theory of Planned Behavior).

Manorama Devi, Leena Das and Moonty Baruah. Inclination towards Online Shopping - A Changing Trend among the Consumers. Journal of Economics, Management and Trade 25(2): 1-11, 2019; Article no.JEMT.50128.

Muhammad Salman Shabbir, Mohammed Ali Bait Ali Sulaiman, Nabil Hasan Al-Kumaim, Arshad Mahmood, Mazhar Abbas. Green Marketing Approaches and Their Impact on Consumer Behavior towards the Environment—A Study from the UAE. Sustainability 2020, 12(21), 8977.

Royo, Monica Guillen.(2019). Sustainable Consumption and Wellbeing: Does on-line Shopping Matter?Journal of Cleaner Production 229.

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior 12th Edition (Twelfth ed). Pearson Education.

Shailendra P. Darekar, Anuradha Karmarkar, Sapna Sangode. Changes in Food Consumption, Lifestyle, and Shopping Preferences of Women Consumers, as an Impact of COVID-19.Atithya: A Journal of Hospitality 8 (2) 2022, 67-73.

Widodo, Rf.Eko.Arry. (2022). Green Marketing dalam Perspektif Bisnis.

Wijaya, V. A., & Oktavianti, R. (2019). Pengaruh Brand Image E-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Pelanggan Tokopedia). Prologia, 2(2), 531. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3740

Wiry Utami, Linda Wati, Listiana Sri Mulatsih. Analysis of Gender Difference on Online Shopping Lifestyle at Padang City.Journal of Businessand ManagementReview Vol. 2No. 8, 2021: Page 569–579.

Yan Huang. The Construction of Femininity in Shopping.International Journal of English and Cultural Studies Vol. 2, No. 1; May 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.