Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching melalui Strategi Tandur untuk Meningkatkan Kompetensi Kognisi Siswa

Nisrina Nur Rizka, Fidya Arie Pratama

Abstract

Model pembelajaran Quantum Teaching adalah suatu model pembelajaran yang menerapkan pembelajaran dari energi (tenaga guru dan siswa) menjadi cahaya (perubahan tingkah laku atau hasil belajar yang positif) agar menciptakan suasana yang menyenangkan serta tidak membosankan, dalam interaksi pembelajaran yang humanistis dan dinamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari III siklus, dengan mengambil random sampling sebanyak 35 siswa di SMPN 11 Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kognitif belajar siswa, hal ini nampak dari rata-rata uji gain siklus I sebesar 0,3 sikus II sebesar 0,4 dan siklus III sebasar 0,7 sementara itu rata-rata nilai hasil tes siswa pada siklus I sebesar 67,43 siklus II sebesar 73,42 dan siklus III sebesar 88,00. Dari hasil tersebut didukung juga dengan respon siswa menyatakan sikap positifnya terhadap pembelajaran Quantum Teaching melalui strategi TANDUR. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka respon yang positif diperoleh oleh siswa terhadap model pembelajaran Quantum Teaching, sehingga guru bisa menerapkan pembelajaran yang aktif, informatif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta untuk meningkatkan pemahaman dan menyesuaikan dengan tujuan yang diharapkan.Kata Kunci: Quantum Teaching, TANDUR, Kognitif

Full Text:

Download PDF

References

Agam, Rameli. 2009. Menulis Karya ilmiah. Yogyakarta: Familia.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

DePorter, Bobbi dan Mark Reardon. 2009. Quantum Teaching. Terjemahan Ary Nilan dari. Bandung: Kaifa.

-------- 2010. Quantum Teaching. Terjemahan Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

-------- 2007. Quantum Learning. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa

Desmita. 2012: Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosda karya

-------- 2008. Psikologi Perkembangan Anak. Bandung: PT Remaja rosda Karya

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. 2006: Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional.(2003). Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas

Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Hamid, Sholeh. 2011. Metode EDU Tainment. Jogjakarta: Diva Press.

Hamzah. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Iskandar. 2012a. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Referensi.

-------- 2012b. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2001. Jakarta: Depdiknas

Kosasih. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Raharjo, 2007. Cooperative Learning. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

-------- 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sapriya. 2012. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Somantri. 2011. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Sugandi. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP PRESS

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suaharsaputra, Uhar. 2012. Metodelogi Penelitian. Bandung: Refiko Aditama.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wena. Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara

Fajar Siswanto. (2012). Model Pembelajaran Quantum Teaching. Online.Tersedia:http://eduadventure.blogspot.com/2012/05/24/makalahmodel- pembelajaran-quantum.html

Refbacks

  • There are currently no refbacks.