Model Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Sebagai Salah Satu Alternatif Mengentaskan Kemiskinan Masyarakat (Studi Kasus Pengelolaan dan Permasalahan-permasalahan Posdaya di Desa Kertahayu Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis)

Dedeh Dedeh, Ilah Ilah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran konsep pemberdayaan keluarga melalui model Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) dalam pembangunan sosial dan ekonomi keluarga untuk pengentasan kemiskinan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau naturalistik karena dilakukan pada kondisi yang alamiah. Lokasi penelitian ini adalah Posdaya yang ada di Dusun Kertaharja Desa Kertahayu Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis. Teknik dikumpulkan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam dengan jumlah informan kunci sebanyak 9 orang dan observasi. Adapun teknik analisis data dilakukan secara interaktif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengelolaan Posdaya sebagai model pemberdayaan masyarakat telah memiliki kinerja yang baik untuk mengentaskan kemiskinaan masyarakat sekitar. Hal ini terlihat dari produk-produk unggulan yang dihasilkan yang memiliki nilai ekonomis lebih, terbangun jejaring usaha produktif untuk lebih memacu pertumbuhan usaha ekonomi masyarakat, pembelajaran dan pemotivasian pengurus dan kader posdaya melalui kegiatan study banding dan bechmarking, serta merintis dan membangun koperasi posdaya sebagai wadah kegiatan ekonomi masyarakat.Kata Kunci: Pengentasan kemiskinan dan posdaya

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References

Azwar Saifuddin. 1999. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. 2005. Statistik Indonesia. BPS, Jakarta.

Mochamad Syawie. Kemiskinan dan Kesenjangan Sosial. Jurnal Informasi UGM Vol. 16 No. 03 Tahun 2011, hal. 213-219.

Muhammad Oktabrian, M. Riza Rositama dan Galih Nidyasmoro, 2015. Artikel KKNM Pamarican UNPAD, Kertahayu Ciamis.

Pramono Hariadi, Arintoko, dan Icuk Rangga Bawono. 2008. Ketimpangan Distribusi Pendapatan Di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Jurnal Ekonomi Pembangunan Hal. 61-70.

Pudji Mulyono, Burhanuddin dan Yannefri Bachtiar, 2010. Upaya Pemberdayaan Masyarakat dan Pengentasan Kemiskinan Melalui Model Posdaya. Penelitian Posdaya. Bogor. P2SDM LPPM IPB.

Rusdarti & Lesta Karolina Sebayang. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan Di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Economia, Volume 9, Nomor 1, April 2013. Hla 1-9 Universitas Negeri Semarang.

Rohadi Haryanto. 2007. Buku Pedoman Pembentukan dan Pengembangan Posdaya, Balai Pustaka, Jakarta.

Sugeng Haryanto. 2008. Peran Aktif Wanita Dalam Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Miskin: Studi Kasus Pada Wanita Pemecah Batu Di Puncanganak Kecamatan Tugu Trenggalek. Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 9 No. 2 Hal. 216-227. Malang. Desember.

Suyono, Haryono. 2007 Mengentas Kemiskinan, Makalah Seminar Nasional, Universitas Brawijaya, Malang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.