Penggunaan Media LCD Proyektor Dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Teks Berita dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (PTK Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII-I di SMP Negeri 2 Jatinunggal Tahun 2018)

Yayah Rokayah

Abstract

Permasalahan yang mengemuka di SMP Negeri 2 Jatinunggal diantaranya rendahnya prestasi belajar siswa. Melalui pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan LCD Proyektor dengan Pendekatan Saintifik”, permasalahan ini dicoba untuk dilakukan penelitian tindakan kelas. Materi yang dipelajari adalah teks berita, yang merupakan hasil pengalaman mengajar pada siswa Kelas VIII-I semester gasal tahun pelajaran 2018/2019. Hasil pembelajaran pada akhir Siklus ke-1, penilaian pengetahuan rata-ratanya mencapai 70, keterampilan mencapai 72, dan sikap baik. Selain itu siswa diminta memberi komentar tentang pembelajaran yang telah dilakukan dengan menggunakan angket, diketahui sebagian besar siswa (76%) menyatakan senang mengikuti pembelajaran dengan model yang telah dilakukan. Pada akhir Siklus ke-2, penilaian pengetahuan rata-ratanya mencapai 86, keterampilan mencapai 82, dan sikap amat baik, serta hampir semua siswa (98,6%) menyatakan senang mengikuti pembelajaran kreatif ini. Bahkan beberapa siswa mengusulkan agar pembelajaran ke depan seperti yang telah dilakukan selama ini.Kata Kunci: Media LCD Proyektor, Pendekatan Saintifik, dan Teks Berita

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Abdul Gafur Daniamiseno. 2004. Peranan teknologi pembelajaran dalam proses belajar – mengajar ilmu pengetahuan sosial. Pidato pengukuhan Guru besar di depan rapat senat terbuka, di Universitas Negeri Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.