PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Menganalisis Perpajakan dalam Pembangunan Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baregbeg)

Rizka Andhika Putra, Anggita Martina Pratama

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa rendahnya hasil belajar siswa. Beberapa faktor kendalanya yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap materi, proses belajar mengajar belum melibatkan siswa secara aktif, serta kurangnya inovasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 2) Peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question And Getting Answer pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here dengan tipe Giving Question And Getting Answer pada pengukuran akhir (posttest). Adapun metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan Nonequivalence Control Group Design. Sedangkan uji analisis data menggunakan N-Gain dan pengujian hipotesis menggunakan t-test. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here dengan tipe Giving Question And Getting Asnwer dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ekonomi pada kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baregbeg. Berdasarkan hasil penelitian diketahui: 1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here pada pengukuran awal (pretest) sebesar 37,85 dan pengukuran akhir (posttest) sebesar 79,26 dengan rata-rata N-Gain bernilai 0,66 dengan kategori sedang. 2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question And Getting Answer pada pengukuran awal (pretest) sebesar 32,83 dan pengukuran akhir (posttest) sebesar 72,66 dengan rata-rata N-Gain 0,58 dengan kategori sedang. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here dengan tipe Giving Question And Getting Answer pada pengukuran akhir (posttest).

Keywords

Hasil Belajar; Giving Question; Getting Answer

Full Text:

PDF

References

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru & Anak didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Effendi, Sulaiman dan Siregar, S.A. (2018). Penerapan Strategi Giving Question And Getting Answer sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi: Penelitian Tindakan di Kelas X SMK Ar-Rahman Medan. Jurnal Pendidikan Akuntansi. (Volume 1; 125-137)

Nurholis, Egi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar (Studi PTK pada Siswa Kelas XI di SMK Yasira Ciamis). Ciamis: Jurnal Artefak Vol. 4 No. 2 – Agustus 2016 [ISSN: 2355-5726] Hlm: 111-120

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, cv.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman. (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kompetensi dasar Sistem Pengisian Kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Suprijono, Agus. (2017). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.