ANALISIS HUBUNGAN ANTARA DIMENSI BUDAYA KINERJA ORGANISASI DENGAN KERANGKA TEORI HOFSTEDE

Wulansari Syaidatul Sahar, Asep Kurniawan

Abstract

Budaya bukan hanya alat untuk mengatasi, tetapi juga dimaksudkan untuk menciptakan kesadaran atau pembelajaran untuk menopang aktivitas manusia dan membantu menjelaskan banyak perilaku manusia. dalam perkembangan yang efektif di suatu bangsa sangat penting bagi suatu organisasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal sehingga budaya organisasi yang efisien dapat diakui sebagai salah satu faktor yang tampaknya selalu dikaitkan dengan berbagai organisasi yang sukses. Cara mengukur budaya yang digunakan oleh para peneliti ilmu sosial adalah dengan menggunakan dimensi-dimensi budaya yang dikembangkan oleh Hofstede dimana dimensi-dimensi tersebut meliputi: Power Distance, Group Attachment, Gender Association, Uncertainty Avoidance, Time Orientation dan Indulgence.

Keywords

Budaya Organisasi; Dimensi Budaya Hofstede

Full Text:

PDF

References

Brotherton, B., and Adler, G. (1999). An integrative approach to enhancing customer value and corporate performance in the international hotel industry. Hosp. Manag. 18 (3), 261–272

Hofstede, G. (1991). Culture and Organisations: Software of the Mind, McGraw Hill, New York.

Hofstede, G. (2001). Culture’s Consequences: Comparing Values, Behaviors, Institutions, and Organizations Across Nations (2nd ed.). California: Sage Publications, Inc.

Hofstede, G. G.J., Minkov, M. & Vinken, H. (2008). Value Survey Module 2008 Manual. Retrieved16 January 2013 from http://www.geerthofstede.com/media/229/manualvsm08.doc.

Hofstede, G.J., Minkov, M. (2010). Cultures and Organizations: Software of the Mind. McGraw-Hill International (UK) Ltd, Maidenhead, UK.

Jones, D.L., McCleary, K.W., (2004). A model for assessing cultural impacts on international buyer-seller relationships for key accounts of hotel companies. J. Hosp. Tour. Res. 28 (4), 425–443.

Jones, P. (1999). Operational issues and trends in the hospitality industry. Int. J. Hosp. Manag. 18 (4), 427–442.

Mangkunegara, AP. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Remaja Rosda Karya. PT.

Moeheriono. (2010). Pengukuran kinerja berbasis kompetensi. Cetakan kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja rosdakarya offset. PT

Nimran, Umar. (2005). Perilaku Organisasi. Surabaya: Citra Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.