IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Rini Agustin Eka Yanti, Noviyanti Ahawiyah
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pencapaian kegiatan belajar mengajar terjadi apabila siswa mampu mengikuti proses pembelajaran yang diberikan oleh guru di dalam kelas. Media pembelajaran memiliki peran untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas eksperiman pada pengukuran awal dan pengukuran akhir. 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen. 3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran auditif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen, Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji Hipotesis menggunakan Uji t-test. Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pengukuran awal dan pengukuran akhir. 2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kategori tinggi di kelas eksperimen. 3) terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran auditif terhadap hasil belajar siswa.
Keywords
Media pembelajaran; Auditif; Hasil Belajar
References
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kustandi. Sujtipto. (2013). Media Pembelajaran. Bogor. Ghalia Indonesia.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran. Jakarta. Kencana.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.