PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR (LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN KAMPUS, LINGKUNGAN MASYARAKAT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Yoni Hermawan, Heti Suherti, Rendra Gumilar

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Siliwangi. Dalam penelitian ini khususnya akan membahas mengenai yang menyebabkan prestasi bisa berubah, salah satunya bisa berasal dari lingkungan keluarga, lingkungan kampus, lingkungan masyarakat, dan prestasi belajar mahasiswa serta bagaimana pengaruh lingkungan belajar terhadap prestais belajar mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survey eksplnatory. Cara – cara pengumpulan data yang telah dilakukan dengan observasi, wawancara, atau bisa menggunakan item angket, bantuan dari kepustakaan dan dokumentasi penelitian. Adapun populasinya yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi yang mengikuti mata kuliah pengantar koperasi dengan jumlah sampel 116 mahasiwa. Hasil analisis menggunakan regresi linier berganda menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif lingkungan keluarga, lingkungan kampus, dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar mahasiswa. Selanjutnya uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebsar 0,431 yang berarti pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah 43,1% dan 56,9% lagi adalah faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.This research was carried out because of the low learning achievement of Economics Education students at FKIP Siliwangi University. Based on these problems, the purpose of this study is to find out how the family environment, campus environment, community environment, and student achievement and how the influence of the learning environment on student learning achievement. The method used in this research is explanatory survey. Data collection techniques through observation, interviews, questionnaires, literature study and documentation with a population of economic education students who take courses introductory cooperatives with a sample of 116 students. The results of multiple linear regression analysis give the results that there is a positive influence of family environment, campus environment, and community environment on student achievement. Furthermore, the results of the coefficient of determination test obtained Adjusted R Square value of 0.431 which means the influence of the learning environment on student achievement is 43.1% and 56.9% again is another factor not included in this study.

Keywords

Lingkungan; Belajar; Prestasi; Mahasiswa

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

B.Uno, H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hariyanto, S. d. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ilyas, M. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas XII IPS SMA NEGERI 1 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2013/2014.

Kemendikbud. (2018). Kemendikbud. Retrieved Januari 27, 2019, from Neraca Pendidikan Kabupaten Ciamis: http://npd.kemendikbud.go.id/cetak/2018020000%20Jawa%Barat/021400_Kab.%20Ciamis_2018.pdf

Kurniasari, F. W. (2013). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMPN 3 Wonosobo.

Laksmi, W. A. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK 1 Pgri Jakarta.

Puspitasari, M. (2010). Pengaruh Minat Belajar ekonomi dan Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Ekonomi siswa Kelas X SMU YP Unila Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008/2009.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemuda. Bandung: Alfabeta.

Sadirman, A. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tatsiro.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2007). Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENAMEDIA GROUP.

Syah, M. (2008). Psikologi Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Prasada.

Tohirin. (2008). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Winarno, B. (2012). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok Yogyakarta.

Wulaningsih, A. C. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar di Sekolah Dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Yamin, M. (2011). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.