MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE TIME TOKEN
Rita Patonah, Amelia Putri Suitela
Abstract
Rendahnya hasil belajar merupakan permasalahan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu alternatif pemecahannya yaitu penggunaan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang dianggap relevan dengan mata pelajaran ekonomi yaitu metode time token. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui peningkatan nilai pretest ke posttest peserta didik yang mendapatkan metode time token; 2) mengetahui perbedaan nilai posttest peserta didik yang menggunakan metode time token dengan metode ceramah. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Homogenitas (Uji F), Uji t dan Gain. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut : 1) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode time token mengalami peningkatan 2) Terdapat perbedaan antara nilai posttest peserta didik yang menggunakan metode time token dengan yang menggunakan metode ceramah. Low learning results are a problem in learning activities. One effort to improve learning is the use of time token method. The purpose of this study is to find out: 1) the difference of posttest in student using the time token method 2) ) the difference of posttest using the time token method in the experimental class with conventional.. The research method is used the Quasi experiation method. The data analysis techniques used are test homogenity (test F), Test T and Gain. This study resulted in several sympulsion as follows: 1) There are different learners ' learning outcomes that use the time token method on the posttest. 2) There are different learners ' learning outcomes using the time token in the class of experiments with student learning outcomes using conventional methods at the final measurement (posttest).
Keywords
metode time token; hasil belajar
References
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung.: PT. Remaja Rosdakarya.
Huda, Miftahul. 2018. Model–Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogayakarta: Pustaka Belajar.
Lestari, K, E. Yudhanegara, M, R. 2017. Penelitian pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta