FAKTOR KESUKSESAN PENGGUNAAN APLIKASI DARING UNTUK PROSES PEMBELAJARAN AKUNTANSI SAAT PANDEMI COVID-19

Amir Hidayatulloh

Abstract

Pandemi covid-19 memaksa dunia pendidikan untuk mengubah media pembelajaran yang semula dari offline (tatap muka) menjadi pembelajaran daring (menggunakan aplikasi). Sehingga, perlu dilakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan teknologi untuk proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Akuntansi UAD. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kriteria mahasiswa yang menempuh mata kuliah Akuntansi Pengantar, Akuntansi Keuangan Menengah, dan Akuntansi Lanjutan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden yang memenuhi kriteria dengan bantuan google form. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square dengan bantuan WarpPLS. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa penggunaan teknologi untuk pembelajaran dipengaruhi oleh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahaan penggunaan. Sehingga, ketika mahasiswa menganggap teknologi mudah digunakan dan meningkatkan kinerjanya maka mahasiswa tersebut akan mengunakannya. Akan tetapi, kondisi yang memfasilitasi seperti kesediaan sinyal maupun jaringan tidak berpengaruh terhadap penggunaan teknologi untuk pembelajaran.The Covid-19 pandemic forces the world of education to change learning media from offline (face-to-face) to online learning (using applications). So, it is necessary to research the factors that influence the use of technology in the learning process. The population in this study were students of Universitas Ahmad Dahlan (UAD). The samples of this research were students of the UAD Accounting Study Program. The sampling technique used in this study was purposive sampling, with the criteria for students taking introductory accounting, intermediate financial accounting, and advanced accounting courses. Data collection in this study was carried out by distributing questionnaires to respondents who met the criteria with the help of Google Forms. The data analysis technique in this study used Partial Least Square with the help of WarpPLS. This study obtained the results that technology for learning is influenced by perceptions of usefulness and perceived ease of use. So, when students consider technology easy to use and improve their performance, they will use it. However, facilitating conditions such as signal and network readiness does not affect the use of technology for learning.

Keywords

Teknologi Pembelajaran; Persepsi Kegunaan; Persepsi Kemudahaan Penggunaan; Kondisi Memfasilitasi

References

Amin, A. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi intensitas perilaku wajib pajak dalam penggunaan e-filing pada kantor pelayanan pajak madya makassar. STIEM Bongaya, 211–220.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.

Fatma, F. D., Syamsu, M. N., & Hidayatulloh, A. (2019). Antecedent of E-SPT Use and It’s Impact on Taxpayer’s Compliance. Multi-Diciplinary International Conference University of Asahan, 343–359. http://jurnal.una.ac.id/index.php/seminter2019/article/view/530/452

Mutia, H., & Mahendri. (2016). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Wajib Pajak dalam Penggunaan E-Filing dengan Teknologi Informasi sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Padang Satu, Kota Padan. Jurnal Fakultas Ekonomi, 9(1).

Novindra, N. P. B., & Rasmini, N. K. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, Dan Computer Self Efficacy Pada Minat Penggunaan E-Spt. E-Jurnal Akuntansi, 19, 1116–1143.

Okumus, B., Ali, F., Bilgihan, A., & Ozturk, A. B. (2018). Psychological factors influencing customers’ acceptance of smartphone diet apps when ordering food at restaurants. International Journal of Hospitality Management, 72(October 2016), 67–77. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.01.001

Kegiatan Akademik Selama Masa Pembatasan Secara Penuh Kegiatan di Kampus Universitas Ahmad Dahlan.

Rokom. (2020). Status Wabah Corona di Indonesia Ditetapkan sebagai Bencana Nasional. Http://Sehatnegeriku.Kemkes.Go.Id. http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20200315/3633379/status-wabah-corona-indonesia-ditetapkan-bencana-nasional/

Thompson, R. L., Higgins, C. A., & Howell, J. M. (1991). Personal Computing: Toward a Conceptual Model of Utilization. MIS Quarterly, 15(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.