PENGARUH EFIKASI, PERSEPSI, INFORMASI TERHADAP MINAT MENJADI GURU AKUNTANSI DENGAN LINGKUNGAN KELUARGA SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Eka Fitri Febryanti, Rochmawati Rochmawati

Abstract

Minat untuk menjadi seorang pendidik timbul karena adanya kemauan dari diri sendiri dan diperkuat dengan beberapa faktor didalamnya. Maksud dari penelitian ini yakni untuk menganalisis variabel Efikasi diri, persepsi tentang profesi guru, dan informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru akuntansi dengan diperkuat dengan variabel moderating lingkungan keluarga. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlahkan 285 responden. Teknik pengambilan data yang digunakan yakni sampel acak sederhana dengan total akhir perhitungan 74 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner. Hasil perhitungan ini menunjukkan bahwa: (1). Adanya pengaruh secara langsung efikasi diri hal ini terbukti nilai P-value sebesar 0.017 dan informasi dunia kerja terbukti nilai p-value sebesar <0.001 terhadap minat menjadi seorang guru akuntansi. (2). Tidak adanya pengaruh secara langsung persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru akuntansi terbukti bahwa nilai p-value sebesar 0.062 serta (3). lingkungan keluarga tidak dapat memoderasi hubungan dari ketiga variabel terhadap minat menjadi guru. Hal ini terbukti bahwa nilai p-value dari setiap variabel sebesar 0,380, 0,077, dan 0,468. The interest in becoming an educator arises because of a willingness from oneself and is strengthened by several factors. The purpose of this study is to analyze the variable self-efficacy, perceptions of the teaching profession, and information on the world of work on the interest in becoming an accounting teacher, reinforced by the moderating variable of the family environment. The population in this study amounted to 285 respondents. The data collection technique used was a simple random sample with a final total of 74 respondents. The data collection method used was a questionnaire. The results of this calculation indicate that: (1). There is a direct effect of self-efficacy. This is evident in the P-value of 0.017, and information on the world of work is proven to be a p-value of <0.001 on the interest in becoming an accounting teacher. (2) The absence of a direct influence on the perception of the teaching profession on the interest in becoming an accounting teacher is proven that the p-value is 0.062 and (3). the family environment cannot moderate the relationship of the three variables to becoming a teacher. It is proven that the p-value of each variable is 0.380, 0.077, and 0.468.

Keywords

Efikasi Diri; Profesi; Minat; Lingkungan

References

Aini, E. N. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 UNESA. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 83–96. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n2.p83-96

Ardyani, Anis; Latifah, L. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 232–240.

Bakar, A., Ismail, N., & Hamzah, R. (2014). Teaching as a career choice: a discriminant analysis of factors as perceived by technical and vocational education (TVE) student teachers in Malaysia. Middle-East Journal of Scientific Research, 19(spec.), 69–75. https://doi.org/10.5829/idosi.mejsr.2014.19.icmrp.11

Bergmark, U., Lundström, S., Manderstedt, L., & Palo, A. (2018). Why become a teacher? Student teachers’ perceptions of the teaching profession and motives for career choice. European Journal of Teacher Education, 41(3), 266–281. https://doi.org/10.1080/02619768.2018.1448784

M. Aurah, C. (2013). The Effects of Self-efficacy Beliefs and Metacognition on Academic Performance: A Mixed Method Study. American Journal of Educational Research, 1(8), 334–343. https://doi.org/10.12691/education-1-8-11

Mbawuni, J., & Nimako, S. G. (2015). Modelling Job-related and Personality Predictors of Intention to Pursue Accounting Careers among Undergraduate Students in Ghana. World Journal of Education, 5(1), 65–81. https://doi.org/10.5430/wje.v5n1p65

Muarofah, U. (2017). Pengaruh Self Efficacy dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Skripsi. 1–17.

Mulyana, Agus., Waluyo, I. (2016). Pengaruh Persepsi Tentang Profesi Guru Dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 8, 1–10. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kpai/article/view/5807/5560

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian (Kesembilan). Penerbit Ghalia Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2017). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 ,2017 Tentang Guru. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017, Volume 09(Nomor 03), Hal 270.

Rahmadiyani, S., Hariani, L. S., & Yudiono, U. (2020). Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1). https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i1.4304

Rustika, i made. (2016). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1–2), 18–25. https://doi.org/10.22146/bpsi.11945

Sairoh. (2016). Pengaruh Pengalaman Ppl, Ipk, Lingkungan Keluarga dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2011 Fe Uny Skripsi.

Septiara, V. I., & Listiadi, A. (2019). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri, dan Program Pengelolaan Pembelajaran (ppp) Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi 2015 Fakultas Ekonomi Unesa Email : Agunglistiadi@unesa.ac.id Abstrak. 7(3), 315–318.

Slameto. (2010). Faktor - Faktor Yang mempengaruhi (Revisi Ke5). Pt Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Cv. Alfabeta.

Wahyuni, Destri & Setiyani, R. (2017). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru Economic Education Analysis Journal. 6(3), 669–682.

Walgito, B. (2011). Teori - Teori Psikologi Sosial. Cv Andi Offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.