Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan Pajak, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Restoran di Kota Blitar

Widya Dwi Nurma Dewi, Dyah Pravitasari

Abstract

Pajak restoran yakni salah satu sumber penerimaan langsung bagi pemerintah daerah Kota Blitar. Guna dapat meningkatkan penerimaan pajak restoran, wajib pajak harus patuh untuk memungut dan membayar pajak restoran ke kas daerah. Keterlibatan pendapatan pajak terhadap pendapatan negara diharapkan dapat semakin meningkat dari tahun ke tahun.  Mengenai faktor yang dapat memengaruhi kepatuhan wajib pajak restoran di Kota Blitar yaitu kualitas pelayanan, pemeriksaan pajak, dan sanksi perpajakan. Penelitian ini memiliki maksud dan tujuan yaitu ntuk menguji apakah pada variabel kualitas pelayanan, pemeriksaan pajak, dan sanksi perpajakan memberikan suatu imbas pengaruh kepada kepatuhan wajib pajak restoran dengan menggunakan metode kuantitatif. Dalam riset ini menerapkan jumlah populasi 219 wajib pajak restoran sehingga sampel yang dipergunakan sejumlah 68 wajib pajak restoran yang terinci pada Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah Kota Blitar. Teknik dalam menganalisis data yang diterapkan pada riset ini yakni analisis regresi berganda sekaligus uji asumsi klasik dengan menggunakan aplikasi pengujian data yaitu SPSS. Hasil yang diperoleh pada riset ini memperlihatkan bahwa variabel kualitas pelayanan mempengaruhi secara positif terhadap variabel kepatuhan wajib pajak restoran. Sedangkan variabel pemeriksaan pajak tidak mempengaruhi terhadap variabel kepatuhan wajib pajak restoran. Sementara pada variabel sanksi perpajakan tidak mempengaruhi terhadap variabel kepatuhan wajib pajak restoran.

Keywords

Kualitas Pelayanan; Pemeriksaan Pajak; Sanksi Perpajakan; Kepatuhan Wajib Pajak Restoran

References

Aditya Baskara, Muhammad Saifi, Zahroh ZA. 2018. Evaluasi Tingkat Efektivitas dan Pertumbuhan Penerimaan Pajak Restoran Terhadap Pajak Daerah. Jurnal Perpajakan. 56(1). 29–37

Arie Sulistyawati, Ni, and Ni Seminari. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 4(8). 250437.

Erlina, Een, Vince Ratnawati, dan Andreas. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak, Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan: Kondisi Keuangan dan Pengetahuan Wajib Pajak sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada WPOP Non Karyawan di Wilayah Kpp Pratama Bengkalis). Jurnal Akuntansi. 7(1). 42–57.

Ihsan, Muchsin. 2013. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Penyuluhan Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Padang. 1–31.

Mardiasmo. 2018. Perpajakan Edisi Terbaru 2018 (Yogyakarta: Andi Offset).

Ningsi, Siani. 2018. Kualitas Pelayanan Fiskus dan Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Barat). (Universitas Muhammadiyah Makassar). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nurlaela, Lina. 2017. Pengaruh Self Assessment System dan Sanksi pada KPP PRATAMA Garut. Jurnal Wahana Akuntansi. 3(1).

Palalangan, Carolus Askikarno, Ribka Pakendek, and Luther P Tangdialla. 2019. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Tentang Penerapan PP No 23 Tahun 2018, Pemahaman Perpajakan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Makassar. Paulus Journal of Accounting. 1(1).

Pamuji, Kadar. 2014. Kebijakan Pengelolaan Pajak Daerah dalam Kerangka Penyelenggaraan Otonomi Daerah (Analisa Terhadap Implementasi Wewenang Pengelolaan Pajak Daerah Oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah). Jurnal Dinamika Hukum. 14(3). 430–44.

Pratiwi, Putri Agnesia. 2018. Pengaruh Tarif Pajak, Pemeriksaan Pajak, dan Self Assessment System Terhadap Penggelapan Pajak (Survey pada 3 Kantor Pelayanan Pajak di Kota Bandung). Universitas Bandung.

Rahayu, Dwi. 2015. Analisis Pengaruh Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Selatan Dwi Rahayu. Jurnal Ekonomi Mahasiswa Akuntansi. 18(20).

Siagin. 2014. Analisis Sejumlah Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat Desa dan Kota Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Padangsidimpuan. Universitas Sumatera Utara.

Trisnayanti, Ida Ayu Ivon; Jati, I Ketut. 2015. Pengaruh Self Assessment System, Pemeriksaan Pajak, dan Penagihan Pajak Pada Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Akuntansi Universitas Udayana. 13(1). 292–310.

Wahyuni, Febriana Tri. 2020. Pengaruh Self Assessment System, Pemeriksaan Pajak, dan Penagihan Pajak Dengan Surat Paksa Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (Studi Pada KPP Pratama Di Kabupaten Klaten Tahun 2016-2018). Universitas Widya Dharma.

Yunitasari, Vina. 2019. Pengaruh Modernisasi Administrasi, Penerapan Self Assessment System, dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Peneimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabya Krembangan. Universitas Bhayangkara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.