Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk Kopi Bening Plamboyan

Dede Abdul Rozak, Roni Marsiana Suhendi, Enjang Nursolih, Endang Rustendi

Abstract

Banyaknya merk kopi instan yang beredar membuat konsumen mempunyai pilihan yang beragam. Hal ini membuat persaingan antar pemasar produk semakin ketat dan menuntut produsen agar memahami dan mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumennya. Alasan-alasan yang mendasari konsumen dalam membeli produk kopi instan dapat dijadikan informasi bagi produsen tentang apa saja kelebihan dan kekurangan produk yang ditawarkan sehingga menjadi evaluasi produsen untuk menciptakan produk yang sesuai dengan harapan konsumen. Tingkat penjualan akan meningkat jika produsen memahami konsumen. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian produk kopi bening (studi pada masyarakat Kota Ciamis). Metode deskriptif dipilih menjadi metode dasar dalam penelitian ini dan dilaksanakan dengan teknik survei. Lokasi penelitian dipilih secara purposiveyaitu memilih kedai kopi plamboyan sebagai tempat penelitian. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 115 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Jumlah variabel yang diteliti adalah 28 variabel. Data yang diolah dengan menggunakan analisis faktor sebanyak 27 variabel yang bisa dianalisa lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari 27 variabel yang dianalisa dengan model analisis faktor yang merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kopi bening. Faktor-faktor tersebut terdiri dari 8 faktor yaitu Faktor Psikologis, Faktor Produk, Faktor Sosial, Faktor Distribusi, Faktor Harga, Faktor Promosi, Faktor Individu, Faktor Budaya

Keywords

Prilaku Konsumen; Keputusan Pembelian

References

Assauri, Sofjan. (2004). “Manajemen Pemasaran”, PT.Raja Grafindo Persada.

Beerden, O. William, Dkk (2001).“Marketing Principles and Perspective”, Edisi II, Mc Graw Hill, New York.

Indrawan., A, C. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie (Studi Kasus Mahasiswa Anak Kost Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar). Jurnal Manajemen. Volume 1, Nomor 2: 67-76.

Jayakusumah, H. (2011). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian teh celup sariwangi: studi kasus pada masyarakat kota Bekasi.

Kotler, Philip dan Susanto, A.B.(2001). “Manajemen Pemasaran di Indonesia”, Salemba Empat, Jakarta.

Mulyono, Sri.(2005).“Statistik Untuk Ekonomi dan Bisnis”, Edisi 3, Lembaga FEUI, Jakarta.

Prasetijo, Ristiyanti, dan Ihalauw, John.(2005).“Perilaku Konsumen”, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy.(2003).“Measuring Consumer Satisfaction”, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.