Pengaruh Keputusan Investasi, Risiko Keuangan dan Financial Performance Terhadap Return Saham

Diantia Amendy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keputusan investasi, risiko keuangan dan financial performance terhadap return saham. Sample pada penelitian ini adalah perusahaan otomotif dan komponen yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2017-2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif assosiatif dengan sumber data sekunder dari perusahaan sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode antara 2017 – 2021. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, data diolah dengan menggunakan software eviews 12. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) keputusan investasi yang diproksikan dengan pertumbuhan asset (TAG) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham, namun memiliki hubungan yang positif atay searah, (2) risiko keuangan yang diproksikan dengan long term debt to equity ratio (LDER) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham, namun memiliki hubungan negative atau berlawanan arah, (3) financial performance yang diproksikan dengan return on asset (ROA) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham, (4) financial performance yang diproksikan dengan return on equity (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham.

Keywords

Return Saham; TAG; LDER; ROA; ROE

References

Safitri, T. M., & Indriyani, H. (2017). Pengaruh Kinerja Keungan dan Risiko Sistematis Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Farmasi di BEI. Seminar Hasil Penelitian FEB (pp. 128-138). Palembang: Universitas Bina Darma.

Artaya, M., Purbawangsa, I. B., & Artini, L. G. (2014). PENGARUH FAKTOR EKONOMI MAKRO, RISIKO INVESTASI DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 689-701.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2001). Dasar-dasar Manajemen Keuangan (Vols. Edisi ke-9). Jakarta: Erlangga.

Brigham, J., & Houston, E. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Carlo, M. A. (2014). Pengaruh Return On Equity, Dividend Payout Ratio, dan Price To Earnings Ratio pada Return Saham. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 7(1), 150-164.

Dewi, M. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Risiko Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sektor Consumer Good Industry di BEI. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JENSI), Vol.1, No.1.

Fahmi, I. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Harmono. (2009). Manajemen Keuangan Berbasis Balance Scorecard. Jakarta: Bumi Aksara.

Houston, B. d. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Jogiyanto. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE UGM.

Jumingan. (2009). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Parawansa, D. S., Rahayu, M., & Sari, B. (2021, Juli). Pengaruh ROA, DER, dan SIZE terhadap Return Saham pada Perusahaan yang terdaftar di BEI. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 1-10.

Sadikin, A. (2020, Oktober). Pengaruh Interest Rate Risk, Kurs Risk, Financial Risk Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Farmasi di Indonesia. SPREAD, 1-10.

Singa, N. A., Waruwu, E., & Nainggolan, B. R. (2020, Juni). Pengaruh ROA, Keputusan Invesatsi, CR, TATO dan Arus Kas Terhadap Return Saham Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 3(2), 292-299.

Tuti, & Fittrias, D. A. (2015). Determinan Risk Management Disclosure (RMD) Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Penelitian, Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Semarang, Semarang, 23.

Wicaksono, B. W. (2019). Pengaruh Return On Asset, Current Ratio, Earning Per Share dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 64-81.

Yulindasari, H., & Soekotjo, H. (2018, Juni). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Deviden Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Investasi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7(6).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.