Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Universitas PGRI Palembang

Desta Ninin Sera, Emma Lilianti, Mohammad Aryo Arifin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap pengelolaan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas PGRI Palembang. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan kriteria mahasiswa yang tinggal di asrama mahasiswa Universitas PGRI Palembang, jumlah sampel sebanyak 100 mahasiwa. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif (kausal) dengan teknik analisis Regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh antara literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan, gaya hidup terhadap pengelolaan keuangan dan secara simultan terdapat pengaruh variabel literasi keuangan dan gaya hidup terhadap pengelolaan keuangan.

Keywords

Literasi Keuangan; Gaya Hidup; Pengelolaan Keuangan

References

Dewi, dkk. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Hedonisme, Dan Pendapatan Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa UNMAS. Jurnal Emas, 2 (3).

Kholilah & Iramani. (2013). Study Financial Management Behavior Pada Masyarakat Surabaya. Jurnal of Business and Bangking, 3 (1), 69-80.

Kusumaningtyas, I., & Sakti, N.,C. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Prilaku Konsumtif Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5 (3).

OJK. (2020). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Pradiningtyas, T.,E., & Lukiastuti, F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Locus Of Control dan Prilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Ekonomi. Jurnal Minds, 6 (1), 96-112.

Putri, D. A. (2021). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Akuntansi. Universitas Jenderal Soedirman.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, B. (2013). Sosiologi ekonomi. jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.