APLIKASI SMART CARD GAME UNO ACOUNTING SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI

Rini Agustin Ekayanti, Yuyun Susanti

Abstract

Proses pembelajaran haruslah menjadi sebuah proses yang dapat mengembangkan seluruh potensi seseorang. Seluruh potensi tersebut hanya mungkin dapat berkembang manakala seseorang terbebas dari rasa takut dan menegangkan. Salah satu alat evaluasi yang dapat mengurangi tingkat kecemasan peserta didik adalah dengan permainan smart card game uno accounting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar siswa dengan aplikasi smart card game uno accounting sebagai alat evaluasi pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan persamaan dasar akuntansi. Serta menilai kelayakan smart card game uno accounting untuk digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan persamaan dasar akuntansi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan (Reaserch and Development). Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan aplikasi smart card uno accounting sebagai alat evaluasi pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan persamaan dasar akuntansi di SMK Negeri 1 Ciamis serta di SMK Bahrul Ulum Kawali Ciamissmart card game uno accounting sangat layak digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan persamaan dasar akuntansi.

Kata Kunci: Smart card game uno accounting, alat evaluasi

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Djamarah, Syaiful Bahri dan aswan zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hake. R. R. Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics, Indiana University 24245 Hatteras Street, Woodland Hills, CA, 91367 USA.

http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain diakses Mei 2016

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.