OPTIMALISASI PENGGUNAAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA

Firman Aryansyah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kegiatan belajar mengajar akan tercapai apabila peserta didik mampu mengikuti proses pembelajaran yang diberikan oleh guru di dalam kelas. Penerapan metode pembelajaran sangat menentukan keberhasilan kegiatan belajar dan mengajar, untuk menentukan penerapan metode pembelajaran tergantung guru dalam memilih metode pembelajaran yang baik untuk diterapkan dalam kegiatan belajar dan mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji N-Gain dilanjutkan dengan uji hipotesis dan dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) di kelas eksperimen 1 pada mata pelajaran ekonomi SMA. Melalui pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) bernilai 0,848 (kategori tinggi); 2) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) di kelas eksperimen 2 pada mata pelajaran ekonomi SMA. Melalui pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) bernilai 0,786 (kategori tinggi); 3) Terdapat perbedaan yang signifkan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Creative Problem Solving (CPS) pada pengukuran akhir (posttest) kelas eksperimen 1 (kelas XI IPS 1) dan kelas eksperimen 2 (kelas XI IPS 2) pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 3 Ciamis. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis dan uji t untuk kelas eksperimen di dapat thitung dan ttabel karena thitung > ttabel, maka uji hipotesis diterma.Kata Kunci: metode pembelajaran double loop problem solving, hasil belajar.

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paragmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Shoimin, Aris, 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Joko. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. Jurnal Pendidikan Primer. (Volume 02).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.