PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENDAPATKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT DAN TIPE CONCEPT MAPPING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN BANJAR

Rita Patonah

Abstract

Hasil belajar yang rendah dari peserta didik adalah masalah yang dialami oleh sekolah, hal tersebut dapat tercermin dari nilai hasil belajar beberapa peserta didik belum memenuhi Kriteria Kelima Kelengkapan. Periset tertarik untuk melakukan eksperimen karena rendahnya hasil belajar peserta didik, untuk menciptakan suasana belajar yang lebih kreatif dan aktif demi terciptanya generasi penerus kualitas dan mampu bersaing di dunia global, sehingga peningkatan hasil belajar harus Dilakukan secara optimal agar tercapai tujuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Tim-Pertandingan-Turnamen pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest); 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest); 3) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar antara peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Tim-Permainan-Tournament dibandingkan dengan peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping pada pengukuran akhir (Posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen karena penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan fakta adanya gejala yang ada dan untuk mengetahui informasi secara faktual, terutama mengenai data hasil belajar siswa. Jenis metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Desain ini memiliki kelompok kontrol, namun tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengendalikan variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Tim-Pertandingan-Turnamen pada pretest dan posttest. Ada peningkatan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping pada pretest dan posttest. Ada perbedaan yang signifikan dalam peningkatan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Tim-Games-Tournament dibandingkan dengan pembelajaran peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping pada pengukuran akhir (posttest).Kata Kunci: Perilaku konsumen

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta Barat: PT. Indeks.

Sugiyono. 2011. Tipe Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

--------. 2013. Tipe Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Taniredja et al. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.