UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INVESTIGASI KELOMPOK

DAYAT DAYAT

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini direncanakan dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 29 siswa. Berdasarkan hasil seluruh penelitian tindakan kelas di kelas V semester 1 SD Negeri Tamansari pada mata pelajaran IPS, dapat disimpulkan: 1) Nilai rata-rata tes siswa sebelum diterapakan pendekatan metode investigasi kelompok adalah 63,69, dan setelah diterapkan pendekatan metode investigasi kelompok meningkat menjadi 69.13 pada siklus I dan 79,13 pada siklus II. 2) Pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 17,39% dan pada siklus II mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 82,61 %. Dengan demikian hasil belajar kognitif siswa pada siklus I dan II sudah memenuhi indikator yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu sekurang-kurangnya 75% dari keseluruhan siswa yang ada di kelas tersebut memperoleh nilai 75 atau mencapai ketuntasan 75%.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Investigasi Kelompok, Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Anita Lie. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia. Cet. Ke-5.

Arifin, Zaenal. 1991. Evaluasi Instruksional. Bandung: Rosda Karya.

Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

--------. 2007. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Asep Jihad dan Muhtadi Abdullah. 2008. Guru Profesional. Bandung: PT Cipta Persada. Cet. Ke-10

Boehm, Richard, World Geography, third Edition, USA: Mc. Grow Hill, 1984.

Darsono, M. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Depdikbud. 1999. Penelitian Tindakan. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian.

Jakarta: Depdiknas.

Lie, Anita. 2002. Mempraktikkan Cooperatife Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia Widyasarana Indonesia.

Mohamad Surya. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Nurhadi. 2003. Konteks dan Penerapannya dalam KBK. Malang. Universitas Negeri Malang.

Rachmadiarti, Fida. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.

Slameto. 2004. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. Cet. Ke-4.

Syaiful Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Agresindo.

Suryabrata. Sumadi. 2003. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Tim Peneliti Program Pasca Sarjana. Pedoman Penilaian Afektif. Jakarta: Depdiknas.

W.S. Winkel. 1986. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.