UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN INKUIRI

UU SUKMANAH

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mugarsari  Kecamatan Tamansari dan yang menjadi subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 a. Dimana jumlah seluruh siswa murid kelas 1 a adalah 26 orang yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah 85% dari seluruh siswa memperoleh nilai ≥ 65 atau jumlah siswa yang belajar tuntas meningkat. Hal tersebut berdasarkan Standar Ketuntasan Belajar Mengajar (SKBM) yang ditetapkan di SD Negeri Mugarsari  Kecamatan Tamansari untuk mata pelajaran IPS. Salah satu masalah yang dihadapi pendidik dalam mata pelajaran IPS  adalah karena kurangnya dukungan dari berbagai pihak (pemerintah, sekolah dan  masyarakat) khususnya di sekolah dasar sehingga proses belajar mengajar IPS di  sekolah dasar tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Guru tidak  membangkitkan minat serta mendorong siswa untuk berpikir kritis dan ilmiah  karena guru lebih berorientasi kepada proses menghapal materi pelajaran dengan  pola komunikasi satu arah yaitu guru kepada siswa. Setelah melakukan penelitian tindakan kelas di SD Negeri Mugarsari  Kecamatan Tamansari dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode PTK yang  dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa  tujuan dari penelitian ini dapat berhasil dengan baik sesuai dengan target  penelitian yang telah ditentukanKata Kunci: Hasil Belajar dan Pendekatan Inkuiri

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Armin, (2008). Pembelajaran IPS Melalui Model Cooperative Leraning Teknik Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bandung Universitas Pendidikan Indonesia : Tidak diterbitkan

Budi, W dkk (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial. : Jakarta. Depdiknas

Chaerul, Anwar, (2010).Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampialn Proses Siswa dalam Pembelajaran IPS pada Konsep Penyesusian Diri Makhluk Hidup melalui Pendekatan Inkuiri: Skripsi UPI Bandung : Tidak diterbitkan

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Mata pelajaran IPS SD/MI. Jakarta : Depdiknas

Fidianti,Fifi, (2008). Jika Pembelajaran IPA tentang Konsep Pesawat Sederhana menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Hasil Belajar Siswa. Skripsi UPI Bandung : tidak diterbitkan

Hidayat, Bara. (2008). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. Skripsi UPI Bandung : Tidak diterbitkan

Handayani, Imas (2010). Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran IPS melalui Keterampilan Proses: Skripsi UPI Bandung : Tidak diterbitkan

Inquiry Page. (2004). Inquiry Process tersedia Http:/www. Inquiry.UIUC.edu/inquiry/definition.php3

Inquiry Page, (2004). Our Definition of inquiry. Tersedia : http :// www.inquiry.uiuc.edu /inquiry/definition.php3

Kusmiati, Endang (2008). Peningkatan Penguasaan Konsep Pesawat Sederhana menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses,. Hasil Belajar Siswa. Skripsi UPI Bandung : Tidak diterbitkan

Nurwahidah, (2008). Dengan Menggunakan Pembelajaran Model Lerning Cycle Diharapkan Penguasaan Konsep Siswa pada Pembelajaran IPA akan Lebih Baik dan Meningkat. Skripsi UPI Bandung : tidak diterbitkan

Sujana.N.Dkk.(2004) Pendidikan dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algesindo

Susilawati, Endang, (2008).Pemanfaatan Model Bertanya oleh Guru untuk meningkatkan Kemampauan Siswa dalam Mengajukan Pertanyaan Prodiuktif. Bandung UPI : Tidak diterbitkan

Teguh Irianto, (2004), Eksperimen sains SD. Jakarta .Erlangga

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Prenda Media Group

Refbacks

  • There are currently no refbacks.