MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PELAJARAN IPS MELALUI BELAJAR DALAM KELOMPOK KECIL DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE

YENI YULIANI

Abstract

Pross belajar IPS tidak selamanya berjalan efektif, karena masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar IPS. Sifat inilah yang perlu disadari dan dicari jalan keluar sehingga siswa dapat mempelajari IPS dengan mudah dan menyenangkan. Kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah merupakan kompetensi hasil belajar IPS yang dituntut oleh kurikulum 2004. Kedua kemampuan tersebut merupakan bagian dari kemampuan berfikir tingkat tinggi. Belajar dalam kelompok kecil dengan strategi Think Talk Write memberikan kesempatan kepada siswa untuk memulai belajar dengan memahami permasalahan.  Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang akan diteliti adalah :1) Apakah melalui belajar dalam kelompok kecil dengan strategi Think Talk Write dapat mengembangkan kemampuan komunikasi pada pemecahan masalah siswa kelas 1 dalam belajar IPS? 2) Sejauh manakah peningkatan hasil belajar IPS melalui belajar dalam kelompok kecil dengan strategi Think Talk Write?. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam tiga siklus. Setiap siklus ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tempat penelitian adalah SD Negeri 1 Picungremuk. Subyek penelitian adalah siswa Kelas I SD Negeri 1 Picungremuk. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa : 1) Pada Siklus I keaktifan siswa yang acuh dalam kegiatan belajar mengajar mencapai 4,87%, siswa yang sedang mencapai 60,98% sedangkan yang aktif mencapai 34,15%. 2) Pada Siklus II keaktifan siswa yang acuh dalam kegiatan belajar mengajar mencapai 7,31%, siswa yang sedang mencapai 51,22% sedangkan yang aktif mencapai 41,46%.3) Pada Siklus III keaktifan siswa yang acuh dalam kegiatan belajar mengajar mencapai 9,76%, siswa yang sedang mencapai 41,46% sedangkan yang aktif mencapai 48,78%. Dari diskusi kelompok siswa dalam pemecahan masalah matematis siswa diperoleh peningkatan rata-rata yaitu dari 80,85 menjadi 90,83. Dari Hasil tes soal kuis diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas dari siklus II yaitu 72,68.Kata Kunci: Strategi Think Talk Write, Komunikasi Dan Pemecahan  Masalah, Kelompok Kecil

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Budimansyah, Dasim. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian. Bandung: Genesindo.

Chatarina Tri Anni dkk. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Dikti.

DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. 1992. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM.

Natawidjaja, Rochman. 1982. Pembaharuan dalam Metode Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.

Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Russefendi. 1980. Pengajaran IPS untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Sindhunata. 2000. Membuka Masa Depan Anak-Anak Kita. Yogyakarta : Kanisius (Anggota IKAPI).

Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Proses hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

W. Gulo. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.