MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) YANG BERKARAKTER MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

SANGAD SANGAD

Abstract

Agar guru mampu menciptakan pembelajaran yang bermutu dan menyenangkan guru memiliki perencanaan pembelajaran yang komunikatif. Salah satu perangkat pembelajaran yang harus dimiliki guru adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah instrument perencanaan yang lebih spesifik dari silabus. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini dibuat untuk memandu guru dalam mengajar agar tidak melebar jauh dari tujuan pembelajaran. Penelitian tindakan sekolah (PTS) ini, bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik Supervisi akademik dalam upaya meningkatkan kemampuan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berkarakter di SD Negeri 3 Sumelap Kecamatan Tamansari UPT Dinas Pendidikan Wilayah Selatan Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan. Menurut Suharsimi Arikunto (2006 : 3) Penelitian Tindakan merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Dalam penelitian tindakan sekolah ini, subjek yang diteliti adalah guru SD Negeri 3 Sumelap Kecamatan Tamansari UPT Dinas Pendidikan Wilayah Selatan Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 12 orang, yang pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan motivasi guru, atau dengan kata lain berdasarkan inisiatif guru. Berdasarkan hasil penelitian tentang meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berkarakter melalui supervisi akademik, dapat disimpulkan : 1) Salah satu upaya dalam meningkatkan kompetensi guru adalah melalui penerapan Teknik supervisi akademik learning group together sehingga terjadi sharing informasi mengenai permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh guru di sekolah.2) Kepala sekolah berperan dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berkarakter hal ini dibuktikan dengan hasil tindakan sekolah dengan menggunakan 2 siklus diketahui ada perubahan kemampuan guru setelah diterapkannya teknik supervisi akademik learning group together. 3) Melalui kegiatan supervisi akademik learning group together maka akan menambah wawasan guru sehingga dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berkarakter.Kata Kunci: Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Supervisi Akademik

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Ametembun, N.A. 1978. Supervisi Pendidikan. Bandung: FIP-IKIP.

Anwar, Moch. Idochi. 2004. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan, Alfabeta. Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusia, Rineka Cipta. Jakarta.

Depdiknas R.I. 2007. Pendidikan RI No. 12 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Pengawas Satuan Pendidikan. Jakarta.

--------. 2001. Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat TK/SD.

Kartadinata Sunaryo. 2007. Berbagai Peranan Guru Dalam Pembelajaran, Modul Profesi,Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Makmun, Abin Syamsudin. 2000. Psikologi Kependidikan. Perangkat Sistem Pengajaran Modul.Remaja Rosda : Bandung

Raka Joni, T. 1992, Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru. Ditjen Dikti Depdiknas. Jakarta.

Robbins, SP, 1996. Perilaku Organisasi : Konsep Kontroversi, Aplikasi. Ed Indonesia, Jakarta, PT. Prenhallindo.

Satori Djaman'an, (2007), Pedoman MBS di Jawa Barat, , Dinas Pendidikan Prop. Jabar : Bandung

Sedarmayanti, Mintorogo. 2001. Pengembangan Kepribadian Dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Kerja. Ilham Jaya, Jakarta.

Sudjana, Nana. 2000 . Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar

--------. 1998. Prosedur Penelitian, Satuan Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Sutirna, Otong. 1982. Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktek Pndidikan. Bandung: FIP – IKIP.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional

Wijaya, 1992. “Manajemen Suatu Pengantar”. Bumi Aksara : Jakarta.

Winarno. 2003. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Direkturat Tenaga Pendidikan.

Winataputra, S. Udin. 2007. Berbagai Peran Guru Dalam Pembelajaran, Modul Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kementrian Pendidikan Nasional RI, (2007) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru.

Kementrian Pendidikan Nasional RI, (2007) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Satuan Pendidikan.

Kementrian Pendidikan Nasional RI, (2007) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.

Sekreariat Negara, (2005) Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.