MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MELALUI MODEL TAKE AND GIVE PADA SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 3 CIAMIS

TETI MARYATI

Abstract

Salah satu bagian dari mata pelajaran IPS yang kurang diminati siswa dalam belajar IPS adalah materi sejarah. Mayoritas siswa menolak dan menghindari materi sejarah, alasannya siswa menganggap bahan ajar sejarah itu sulit, banyak menghafal dan kurang menarik karena cara penyampaiannya banyak dilakukan dengan ceramah (cerita). Untuk menyikapi permasalahan tersebut, Guru harus memiliki beragam kemampuan yang dapat menunjang tugasnya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Menciptakan model pembelajaran yang menarik bagi siswa tidak mudah, perlu kecerrmatan dari guru dalam menentukan dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran yang akan diberikan (diajarkan) sehingga tercipta proses belajar mengajar yang efektif. Oleh karena itu, guru harus menguasai beberapa jenis model pembelajaran agar proses belajar mengajar berjalan lancar. Penelitian ini berdasarkan permasalahan apakah pembelajaran model Take and Give berpengaruh terhadap aktivitas belajar IPS dan seberapa besar tingkat penguasaan materi pelajaran IPS dengan penerapan model Take and Give. Penelitianini menggunakan penelitian tindakan dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu:tahap rancangan,kegiatan, pengamatan,dan refleksi.sasaran dari penelitian ini adalah siswa kelas iX G SMP Negeri 3 Ciamis dengan data yang diperoleh dari hasil tes. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 38,23% ke 86,22%. Simpulan dari penelitian adalah model kooperatif Take and Give berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa kelas IX G SMP Negeri 3 Ciamis serta model pembelajaran ini dapat dipergunakan sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial.Kata Kunci: Aktivitas Belajar dan Model Take And Give

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Depdiknas. 2001.

-------. 2002. Petunjuk Pelaksanaan Penilaian Jakarta: Depdiknas.

-------. 2006. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Puskur Balitbang Depdiknas.

Indra Jati Sidi. 2004., Kegiatan Belajar-Mengajar yang Efektif. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwadi Suhandini. 2000. Model-model Pembelajaran Efektif . Semarang: Lemlit UNNES. Puskur Balitbang Depdiknas. 2003.

Zainal Aqib. 2007. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.