PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMITMEN PROFESIONALITAS TERHADAP KINERJA GURU (Penelitian di SMP Negeri Komisariat 01 Ciamis)

YUYUN SUSANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan komitmen profesional terhadap kinerja guru di SMP Negeri 01 01 Ciamis. Kinerja guru di SMP Negeri 01 Ciamis masih perlu ditingkatkan; Dapat dilihat dari fakta bahwa: (1) guru belum mendidik, mengajar, membimbing, dan melatih siswa secara optimal, (2) para guru masih harus meningkatkan kinerjanya dalam mendukung pengembangan dan pengelolaan program sekolah, dan (3) para guru belum sepenuhnya menerapkan pengembangan profesionalisme mereka. Berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan deskripsi kuantitatif metode analisis dan verifikasi. Metode deskriptif adalah metode yang menggambarkan fakta dan kejadian pada objek yang diteliti, dan metode verifikasi dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan perhitungan perangkat lunak statistik SPSS Ver. 17.0 untuk Windows. Sedangkan ukuran sampel sebanyak 83 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert. Instrumen diuji dengan mempertimbangkan validitas, reliabilitas dan normalitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kinerja guru sangat dipengaruhi oleh kompetensi dan komitmen profesional di SMP Negeri 01 01 Ciamis. Dengan kata lain, semakin tinggi kompetensi dan komitmen profesional, semakin baik kinerja guru. Kinerja guru meliputi: guru yang bekerja dengan siswa perorangan, persiapan guru dan perencanaan pelajaran, guru yang memanfaatkan media pembelajaran, dan kepemimpinan aktif guru. 2) Kompetensi guru sedikit mempengaruhi kinerjanya di SMP Negeri 01 Ciamis. Dengan kata lain, kompetensi guru tidak begitu signifikan dalam meningkatkan kinerja mereka. Kompetensi meliputi pengetahuan yang dimiliki oleh guru, seperti penguasaan materi ajar, pengalaman mengajar dan keahlian, ketrampilan dalam proses belajar mengajar dan pengetahuan akademis lainnya. Sementara itu, keterampilan bisa termasuk guru yang ahli dalam proses belajar mengajar. Sikap dan perilaku mengacu pada fakta bahwa guru harus mencerminkan diri mereka sebagai pemimpin, pendidik, dan contoh positif baik di sekolah maupun di lingkungan mereka. 3) Komitmen profesional sangat mempengaruhi kinerja guru di SMP Negeri 01 Ciamis. Artinya semakin tinggi komitmen profesionalnya, semakin baik kinerja guru. Komitmen profesional mencakup disiplin dalam melaksanakan pekerjaan guru, disiplin dalam mengelola waktu selama pelaksanaan kewajiban mereka, dan perhatian penuh terhadap pekerjaan mereka.Kata Kunci: Kompetensi, Komitmen, Kinerja Kerja

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Cruickshank. 1990. Research that Informs Teacher and Teacher. Bloomington:Phi Delta Kappa Educational Foundation.

Mulyasa, 2002. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Riduwan. 2008. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur. Bandung : Alfabeta

Spencer. 1993. Competence At Work. Toronto : John Willey & sons Inc

Sudjana Nana. 1992. Metode Statistika. Bandung PT. Tarsito.

Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Supardi. 2013. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : Bumi Aksara

--------. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Supriadi, Dedi. 1999. Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa.

Surakhmad. 1989. Pengantar Penelitian-Penelitian Ilmiah Dasar, Metode teknik Edisi 7. Bandung : Tarsito

Suyanto, Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Jakarta : Esensi Erlangga Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.