PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN MENGENAI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH TABUNGAN WADIAH

Arif Jalaludin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk member gambaran tentang pengetahuan konsumen mengenai perbankan syariahpada PT. Bank Syariah Mandiri (Persero) Tbk KCP Ciamis; keputusan menjadi nasabah tabungan wadiah pada PT. Bank Syariah Mandiri (Persero) Tbk KCP Ciamis; dan besarnya pengaruh pengetahuan konsumen mengenai perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah tabungan wadiah pada PT. Bank Syariah Mandiri (Persero) Tbk KCP Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan metode survey. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner), wawancara, dan observasi. Sedangkan teknis analisis data dalam penelitian ini adalah metode statistik non parametik, untuk menguji hipotesis yang diajukan dengan cara mencari koefisien korelasi rank spearman, koefisien determinasi, uji signifikansi (uji t), uji F, dan analisis regresi linear sederhana. Dari hasil penelitian diperoleh tingkat korelasi pengetahuan konsumen dengan keputusan menjadi nasabah memiliki hubungan yang sangat kuat dan mempunyai arah positif dengan nilai rxy = 0,82. Besarnya pengaruh pengetahuan konsumen terhadap keputusan menjadi nasabah adalah sebesar67,24%.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2012. PengamtarBisnis. Bandung: Alfabeta.

Djatmiko, Budi. 2012. StudiKelayakanBisnis. Bandung: STEMBI Bandung.

Engel, James F., et.al. 2004. Consumer Behavior. Ditejemahkan oleh F.X. Budiyanto. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Cetakan Pertama. Jilid II. Jakarta: Binarupa Aksara.

Friedman, H.S., & Schustack, M.W. 2009.Kepribadian: Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga.

Irawan D., Handi. 2002. Sepuluh Prinsip Keputusan Pelanggan. Cetakan pertama. Jakarta: Elexmedia Komputindo.

Kasmir. 2005.Bank & Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philipdan Keller, Kevin Lane, 2008.ManajemenPemasaranEdisiKetigabelas. (AhliBahasa :Bob Sabran). Jakarta :Erlangga

Mowen, John. C dan Michael Minor. 2008. Perilaku Konsumen.Jakarta: Binarupa Aksara.

Muhammad. 2005.Manajemen Bank Syariah. Edisi Revisi.Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

. 2005. Bank Syari’ah Problem dan Prospek Perkembangan di Indonesia.Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nazir, Muhamad. 2003. MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Riduwan dan Sunarto.2007. Pengantar Statistika untuk Penelitian. Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi, dan Bisnis.Bandung: Alfabeta.

Sudarsono, Heri. 2012.Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Deskrispi dan Ilustrasi. Edisi 4. Cetakan Kedua.Yogyakarta: Ekonisia.

Sudjana. 2005.MetodeStatistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta

. 2009. Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

. 2010.MetodePenelitianAdministrasi.Bandung: CV. Alfabeta.

. 2012.MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdan R&D.Bandung: CV. Alfabeta.

. 2013.Statistika untuk Penelitian.Bandung: CV. Alfabeta.

Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Zainuddin, Ali. 2008.Hukum Perbankan Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v2i1.1125

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v2i1.1125.g1023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





Ekonologi indexed by:
_________________________________________________________________________________________________

Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. RE. Martadinata No. 150 Baregbeg Ciamis Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: 0265-772060 e-mail: jurnalekonologi@unigal.a.c.id; web: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
ISSN 2355-6099 (Print) : ISSN 2620-6188 (Online)
Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.