PENGARUH UTILITARIAN VALUE DAN HEDONIC VALUE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOSERBA

Sholehah Nurmala

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Utilitarian Value Dan Hedonic Value Terhadap Kepuasan Konsumen di Toserba Pajajaran Ciamis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh antara utilitarian value terhadap kepuasan konsumen di Toserba Pajajaran Ciamis, dibuktikan dengan nilai thitung = 7,1 dan ttabel = 1,9883 maka dapat diketahui thitung> ttabel, itu artinya hipotesis yang diajukan dapat diterima atau teruji kebenarannya. 2) Terdapat pengaruh antara hedonic value terhadap kepuasan konsumen dibuktikan dengan nilai thitung = 4,5 dan ttabel = 1,9883 maka dapat diketahui thitung> ttabel, itu artinya hipotesis yang diajukan dapat diterima atau teruji kebenarannya. 3) Utilitarian value dan hedonic value berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, hasil uji hipotesis diketahui bahwa korelasi dapat dikatakan signifikan apabila Fhitung> Ftabel hasil perhitungan di atas diperoleh bobot Fhitung = 26,5 sedangkan bobot Ftabel pada α 0,05 dan dk= 97-2-1= 94 diperoleh Ftabel = 3,09. Jadi nilai thitung > dari nilai Ftabel.

References


Budianto, Apri.2015. Manajemen Pemasaran.Yogyakarta. Penerbit: Ombak

Dhar Upinder. 2008. New Age Marketing Emerging Realities. Exel Book India.

Fabio Musso. 2014.Hanbook of Research on Retailer Consumer Relationship development. IGI Global

Handoko, Hani T. 2013. Manajemen Edisi 2. Yogyakarta. Penerbit: BPFE

Hanzae, K.H., dan Rezaeyeh, S.P. 2013. Investigation of The Effects of Hedonic Value and Utilitarian Value on Customer Satisfaction and Behavioural Intentions. African Journal of Business Management, 7 (11), 818-825, 21 March 2013.

Kartika Widya Gilang.2012.Analisis Pengaruh Hedonic Value dan Utilitarian Value Terhadap Kepuasan Konsumen dan Behavioral, Intentions, pada Industri Fast-Casual Restaurant. Tesis.Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

Kim, H.S. 2006. Using Hedonic and Utilitarian Shopping Motivations to Profile Inner City Consumers. Journal of Shopping Center Research, 13 (1),2006, 57-79.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Indeks : Jakarta

Kotler P dan Amstrong ,G.2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 jilid 1. Erlangga.

Megawati,Renny. 2012. Pengaruh presepsi Mall Pada Perilaku Beli Yang Dimediasi oleh Presepsi Produk, Nilai Hedonic dan Utilitarian Value. Skripsi Pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universtas Sebelas Maret Surakarta.

Nursamsilah,Arini. 2015. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Eceran Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen.Skripsi Pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universtas Galuh Ciamis.

Subagio, H. 2011. Pengaruh Atribut Supermarket terhadap Motif Belanja Hedonik Motif Belanja Utilitarian dan Loyalitas Konsumen. Skripsi Pada Program Studi Manajemen Bisnis Fakultas Ekonomi Universtas Kristen Petra.

Sugiyono. 2007.Statistika Untuk Penelituan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v3i2.1147

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v3i2.1147.g1042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





Ekonologi indexed by:
_________________________________________________________________________________________________

Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. RE. Martadinata No. 150 Baregbeg Ciamis Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: 0265-772060 e-mail: jurnalekonologi@unigal.a.c.id; web: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
ISSN 2355-6099 (Print) : ISSN 2620-6188 (Online)
Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.