PENGARUH SERVICE QUALITY DAN EXPERENTIAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALITY KONSUMEN TOSERBA

Winda Yuliyana

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Service Quality dan Experiential Marketing terhadap Customer Loyality (Suatu Studi pada Toserba Yogya Ciamis). Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian survey. Berdasarkan pada data yang telah dikumpulkan dan pengujian yang telah dilakukan terhadap rumusan masalah penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :1)Service quality pada Toserba Yogya Ciamis berpengaruh positif terhadap customer loyality. 2) Experiential marketing pada Toserba Yogya Ciamis berpengaruh positif terhadap customer loyality. 3) Service quality dan experiential marketing berpengaruh positif terhadap customer loyality pada Toserba Yogya Ciamis. Dimana customer loyality dipandang sebagai kekuatan hubungan yang tercipta dari service quality dan experiential marketing yang terpenuhi, sehingga akan menjadi pelanggan yang loyal.

References


Adreani, Fransisca. 2007. Experiential Marketing. Universitas Kristen Petra.

Ara Zena, Puti dan Dewanto Hadisumarto, Aswin. (2012). “The Study of Relationship among Experiential Marketing, Kualitas pelayanan, Kepuasan pelanggan, and loyalitas.”Asian Marketing Journal.Vol. 4.No. 1. Hlm. 37-46.

Ariyanti, Dwi dan Rosinta, Febriana. (2010). “Pengaruh Kualitas terhadap Kepuasan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan.”Bisnis dan Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi.Vol. 17. Hlm. 114-126.

Berman, Barry dan Evans, Joel R, 2004. Retail Management A Strategic Apporoach. Ninth Editon. New Jersey. Pearson Education International.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak (Anggota IKAPI).

Kholifah, Putri (2016). Pengaruh Experiential Marketing dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Suatu Studi pada Perokok di Lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis.Manajamen FE UNIGAL. Hal 17-21.

Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran 1. Edisi keduabelas. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. 2015. Meteode Penelitian Manajemen. Bandung: Penerbit ALFABETA, CV.




DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v3i2.1149

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v3i2.1149.g1044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





Ekonologi indexed by:
_________________________________________________________________________________________________

Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. RE. Martadinata No. 150 Baregbeg Ciamis Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: 0265-772060 e-mail: jurnalekonologi@unigal.a.c.id; web: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
ISSN 2355-6099 (Print) : ISSN 2620-6188 (Online)
Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.