PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI

Fitriah Febriyani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya penerapan strategi pemasaran yaitu posisi persaingan perusahaan dan situasi ekonomi. Selain itu, pengembangan produk belum semuanya diproses dengan bantuan mesin sehingga memerlukan waktu yang cukup lama dalam memproduksinya. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analisis.Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah konsumen yang ada di PD. Rasa Asli yaitu sebanya 3.106 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, studi lapangan (observasi, wawancara dan angket). Tahapan analisa data dimulai dengan uji validitas, reabilitas, tranformasi nilai interval, dan analisa data secara verivikatif/kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Strategi pemasaran memiliki hubungan dengan minat beli pada PD. Rasa Asli Ciamis dengan hasil uji korelasi sebesar 0,789 yang memiliki tingkat hubungan kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 62,19%; 2) Pengembangan produk memiliki hubungan dengan minat beli konsumen dengan hasil uji korelasi sebesar 0,778 yang memiliki tingkat hubungan kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 60,60%; 3) Strategi pemasaran dan pengembangan produk memiliki hubungan dengan minat beli konsumen di PD. Rasa Asli Ciamis dengan hasil uji korelasi sebesar 0,914 yang memiliki tingkat hubungan sangat kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 83,54%.

References


Ahmad, Buchory Herry dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran (Teori, Aplikasi dan Tanya Jawab). Bandung : Penerbit Linda Karya

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta

Budianto, Apri.2015. Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit Ombak

Febrianto, Hendra Galuh. 2008. Strategi Pemasaran Mini Market Ahad DalamPeningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Mini Market Ahad, Ceger,Tangerang). Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif HidayatullahJakarta. Tersedia : http://www.distrodoc.com/659470-strategi-pemasaran-pada-mini-market-ahad-dalam-peningkatan(17 Februari 2017)

Gregorius, Chandra. 2005. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen Edisi Kedua. Yogyakarta : BPFE

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen pemasaran edisi kedua belas jilid 1. Penerbit : PT. INDEK




DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v4i2.1158

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v4i2.1158.g1053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





Ekonologi indexed by:
_________________________________________________________________________________________________

Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. RE. Martadinata No. 150 Baregbeg Ciamis Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: 0265-772060 e-mail: jurnalekonologi@unigal.a.c.id; web: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
ISSN 2355-6099 (Print) : ISSN 2620-6188 (Online)
Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.