Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan

N. Eni Rohaeni, Oyon Saryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam upaya pemerataan pendidikan. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kebijakan PIP melalui KIP dalam Upaya Pemerataan Pendidikan di SMP Negeri 1 Manonjaya dan SMP Negeri 2 Cineam Kabupaten Tasikmalaya dilaksanakan cukup baik, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya tim/panitia sebagai pengelola dana KIP yang sudah bekerja berdasarkan tugas masing-masing. Hal lain ditandai dengan siswa yang menerima dana KIP memenuhi kriteria kondisi keluarga siswa yang ditentukan dari kepemilikan Kartu perlindungan Sosial (KPS) sehingga siswa yang tidak bersekolah atau pendidikannya terkendala masalah biaya dapat bersekolah sehingga dapat terwujud pendidikan yang merata. Faktor pendukung implementasi kebijakan PIP melalui KIP: Informasi dari pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya secara rutin ke sekolah dan secara online. Dapodik digunakan pemerintah sebagai salah satu indikator penentu sasaran penerima PIP melalui KIP, Adanya rasa saling percaya antara pihak sekolah dengan siswa dan orang tua terhadap penggunaan dana, Siswa menjadi lebih aktif dan rajin ke sekolah karena kebutuhan sekolah terpenuhi. Faktor penghambat: evaluasi program PIP melalui KIP yang dilaksanakan pada setiap periode program menyebabkan terjadinya perubahan khusunya pada mekanismenya, penggunaan dana KIP kurang tepat, kesulitan mengumpulkan kuitansi atau bukti penggunaan dana KIP.

Full Text:

PDF

References


Arif Rohman. 2001. Kebijakan Pendidikan Analisis Dinamika Formulasi dan Implementasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Gordon, B. Davis. 1991. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1, PT. Pustaka Binamas Pressindo. Jakarta.

Herlina, E. (2017). Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Model Kerjasama Usaha Menengah Kecil Dan Mikro Dengan Usaha Besar Di Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 1(1), 71-81.

Moleong, Lexy J, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohman, A., & Lamsuri, M. (2009). Memahami pendidikan & ilmu pendidikan. LaksBang Mediatama bekerja sama dengan Kantor Advokat" Hufron & Hans Simaela".

______, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2015 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

______, 2009. Memahami Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama Yogyakarta.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.18245

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v2i1.1824

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.1824.g15015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar