Implementasi Kinerja Mengajar Guru Bersertifikasi dan Lulus Uji Kompetensi dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran

Ika Kartikasari, Awang Kustiawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya mutu pembelajaran yang salahsatu penyebabnya adalah kinerja mengajar guru bersertifikasi dan lulus uji kompetensi yang belum terimplementasikan dengan baik. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah implementasi kinerja mengajar guru bersertifikasi dan lulus uji kompetensi dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa implementasi kinerja mengajar guru bersertifikasi dan lulus uji kompetensi dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya dilaksanakan cukup baik. Hambatan-hambatan yang dihadapi guru bersertifikasi dan lulus uji kompetensi dalam meningkatkan mutu pembelajaran berupa kompleksitas tugas mengajar guru, pemahaman dan kesiapan guru dalam menghadapi perubahan kurikulum 2013 terutama dalam hal penilaian. Upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru bersertifikasi dan lulus uji kompetensi dalam meningkatkan mutu pembelajaran yaitu meningkatkan kembali pengetahuan guru dalam mempelajari lebih cermat terutama dalam hal penilaian. Pembinaan oleh kepala sekolah terhadap guru melalui kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas mutu guru seperti pengadaan kegiatan-kegiatan diantaranya diklat penilaian, workshop penilaian atau kegiatan lain untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Full Text:

PDF

References


Basyiruddin, Usman. (2002). Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

H.B. Sutopo, (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar teori dan Terapannya dalam Penelitian Surakarta.

Moleong, Lexy J. (2010), Metodologi penelitian kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muchtar, A. (2001). Tersedia: https://caridokumen.com/download/fungsi-kepemimpinan-guru-dalam-pembelajaran _5a46e243b7d7bc7b7a2515d7_pdf.

Mulyasa. E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadiman. Arif S, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina, (2006). Pembelajaran dalam implementasi Kurikulum berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Satori, Djam'an dan Komariah, Aan, (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. : Alfabeta.

Sugiyono, D. R., (2000). Metode Penelitian. Bandung: CV Alvabeta.

Syafaruddin dan Nasution, Irwan, (2005). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.

Syamsudin, Abin dan Budiman, Nandang. (2005). Profesi Keguruan 2. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Tahir, Muh, (2011). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan, Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

______, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang penilaian hasil belajar oleh pendidik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

______, Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Pasal 20 tentang Standar Nasional Pendidikan.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.18276

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v2i1.1827

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.1827.g15062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar