Implementasi Manajemen Strategik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah

Enjang Haryana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi manajemen strategik kepala sekolah SMP Negeri 1 Cineam  dan SMPN 2 Cineam Kabupaten   Tasikmalaya dalam meningkatkan mutu sekolahPenelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus dengan dua lokus penelitian dan metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan  bahwa: 1) Model manajemen strategik kepala sekolah di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Cineam Kabupaten Tasikmalaya terdiri dari empat tahap yaitu pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi dan pengendalian. Pada pengamatan lingkungan sekolah telah melakukan analisis lingkungan (analisis lingkungan internal dan analisis lingkungan eksternal) untuk menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman). 2). Pelaksanaan manajemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah menemui beberapa hambatan antara lain: (a) Masih lemahnya sumber daya manusia (SDM). (b) Sarana dan prasrana penunjang lainnya masih belum lengkap/ada. (c) Kurangnya dana untuk peningkatan sumber daya manusia dan menambah  sarana prasarana.  3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan implementasi manajemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah antara lain: peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia dengan mengikuti IHT, workshop, seminar, MGMP, dan   kepala sekolah melakukan supervisi dan monitoring secara berkala, penambahan sarana prasarana yang belum lengkap dengan mengajukan bantuan kepada pemerintah (melalui program DAU atau DAK), masyarakat atau dinas terkait.

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2011). HM. 2010. Penelitian Kualitatif.

Kosasih, Engkos, (2006). Implementasi Manajemen Strategis Di Tingkat Satuan Pendidikan menengah, Bandung: PT. Setia Purna Inves.

Mulyasa, E. (2003).Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E, (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Satori Djam’an dan Komariah Aan. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.18288

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v2i1.1828

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.1828.g15079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar