Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Educator dalam Meningkatkan Kompetensi Guru

Erus Rusdiana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskrifsikan dan menganalisis peran kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai educator di SMPN 2 Lumbung Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, Desain penelitian kualitatif ini dibagi dalam perencanaan, pelaksanaan, analisis data dan evaluasi. Data hasil penelitian didapatkan melalui data primer dan sekunder. teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Educator dalam Meningkatkan Kompetensi Guru yaitu Kepala sekolah harus dapat menciptakan iklim sekolah yang kondusif, memberikan nasehat kepada warga sekolah, memberi dorongan kepada seluruh tenaga kependidikan, serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik. Sedangkan Kompetensi Guru yaitu sebagaimana yang dimaksud maka guru harus mumpunyai 4 kompetensi meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi”. Strategi yang dilakukan  sebagai Educator dalam Meningkatkan Kompetensi Guru yaitu: 1) Memberikan pengertian dan pemahaman kepada guru-guru bahwa peningkatkan profesionalisme itu sangat penting bagi karir keguruan; 2) Memberikan pemahaman mengenai peraturan pemerintah yang kian ketat dan mengikat bagi peningkatan profesionalisme; 3) Melakukan sosialisasi untuk menyikapi peraturan pemerintah yang baru agar dapat diketahui oleh para guru; dan 4) Membuat kebijakan yang disesuaikan dengan peraturan pemerintah yang terbaru agar dapat dilaksanakan para guru.

Full Text:

PDF

References


Jalal, F. (2005). Kebijakan Pendidikan dalam Profesionalisasi Pendidik dan Tenaga kependidikan dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Bandung: FIP UPI.

Lexy, J. M. (2002). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2004). Implementasi Kurikulum 2004 panduan pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2007 Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja. Rosdakarya.

Nazir, M. (1988). Research methods. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Raho, B. (2007). Teori Sosiologi Modern.

Soekanto (2009). Dinamis Kedudukan, Jakarta: Rineka Cipta

Suhardan (2010). Peran Kepala Sekolah, Bandung : PT. Remaja. Rosdakarya

Thoha. 2010. Kepemimpinan dan Manajemen, Devisi Buku Perguruan Tinggi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 dan Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Yamin dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada. Press.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.18298

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v2i1.1829

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.1829.g15087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar