Implementasi Kompetensi Guru Melalui Kompetensi Profesional dalam Menciptakan Sekolah Unggul
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kompetensi guru melalui kompetensi profesional dalam menciptakan sekolah unggul di SMP Negeri 1 Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data tersebut adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian adalah Guru SMP Negeri 1 Manonjaya menguasai materi menguasai bahan pelajaran, mampu menyusun dan mengelola program pembelajaran, dapat mengelola kelas dengan baik, dapat menggunakan media atau sumber belajar, dapat menyusun skenario dan mengelola interaksi belajar mengajar, mampu menilai prestasi siswa untuk kepentingan proses pembelajaran, mengenal dan memahami menyelenggarakan administrasi sekolah, mengenal memahami prinsip-prinsip dan memanfaatkan hasil penelitian pendidikan, Ada beberapa hambatan dalam implementasi kompetensi guru melalui kompetensi professional dalam menciptakan sekolah unggul yaitu : (a) Masih lemahnya sumber daya manusia (SDM). (b) Sarana dan prasrana penunjang lainnya masih belum lengkap, (c) Kurangnya dana untuk peningkatan sumber daya manusia dan menambah sarana prasarana. 3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam implementasi kompetensi guru melalui kompetensi professional dalam menciptakan sekolah unggul antara lain: peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia dengan mengikuti IHT, workshop, seminar, MGMP, penambahan sarana prasarana yang belum lengkap dengan mengajukan bantuan kepada pemerintah , masyarakat atau dinas terkait.
Full Text:
PDFReferences
Hakim, Lukmanu,. (2009), Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima.
Herlina, E. (2017). Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Model Kerjasama Usaha Menengah Kecil Dan Mikro Dengan Usaha Besar Di Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 1(1), 71-81.
Moeloeng, Lexy J., (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusdiana. (2014), Konsep Inovasi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.
______, Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.18300
DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v2i1.1830
URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.1830.g15094
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This Journal indexed by
Publisher Address :
Graduate Program UNIVERSITAS GALUH
Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia
phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id
http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar