Pengelolaan Fasilitas Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Dihadi Rahadi Sahid, Elly Resli Rachlan

Abstract


Berdasarkan hasil observasi diketahui mutu pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di SMK Pemuda Kabupaten Sumedang belum optimal hal ini diduga disebabkan kurangnya dilakukan pengelolaan fasilitas pembelajaran sehingga menyebabkan masih adanya siswa yang belum dapat mencapai nilai KKM sebesar 75 hal ini dikarenakan siswa hanya mencapai rata-rata KKM sebesar 70. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru penjas di SMK pemuda sebanyak 5 orang. Alat pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh penulis adalah menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa; 1) Pengelolaan fasilitas pembelajaran dapat meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan, hal ini dikarenakan sekolah telah melakukan berbagai tahap dalam pengelolaan fasilitas pembelajaran; 2) Adanya hambatan-hambatan dalam pengelolaan fasilitas pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang antara lain: Perencanaan sarana prasarana pendidikan terhambat oleh anggaran yang kurang memadai sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan sekolah, begitupula dalam penggunaan fasilitas pembelajaran karena kurangnya dilakukan pemeliharaan maka banyak terdapat fasilitas pembelajaran yang rusak sehingga tidak dapat digunakan ketika dibutuhkan serta adanya hambatan yang dihadapi dalam melakukan pengawasan pengelolaan fasilitas pembelajaran hal ini disebabkan sekolah kurang menyediakan ruangan khusus untuk menyimpan fasilitas pembelajaran tersebut; 3) Adanya upaya-upaya dalam pengelolaan fasilitas pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang antara lain dengan melakukan beberapa cara yaitu: dalam merencanakan fasilitas pembelajaran guru berupaya melakukan modifikasi fasilitas pembelajaran sehingga proses belajar mengajar tetap dapat dilaksanakan dan justru dapat menarik minat siswa dalam belajar.

Keywords


pengelolaan; fasilitas pembelajaran; mutu pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Atmosudirjo, S., Prajudi. (2005). Administrasi dan Manajemen Umum. Jilid II. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Dalyono. Muhammad, (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2005). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. (1994). Kurikulum Pendidikan Dasar (GBPP). Depdikbud Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri, (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka.

Mulyasa, E., (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bandung: PT.

Gunawan, (1996). Administrasi Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Hamzah, (1998). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda. Karya.

Hanun, Asrohah, (2014). Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Raja.

Harjanto, (2005). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Maisah, (2009). Manajemen Pembelajaran Kelas. Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: GP Press.

Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soeparton, (2000). Sarana dan Prasarana Olahraga. Jakarta: Depdiknas.

Suciati. dkk., (2007). Belajar & Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suhardan, Dadang, dkk., (2010). Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Suryadi, (2009). Manajemen Mutu Berbasis Sekolah: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Sarana Panca Karya

Suryobroto, (2004). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani: Universitas Negeri Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolah-ragaan.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i1.29452

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2945

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i1.2945.g25917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar