Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Pengawas Terhadap Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik Pada SD Negeri

Iin Nurlina, Enas Enas

Abstract


Berdasarkan hasil observasi awal yang penulis lakukan diketahui bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pengawas belum optimal dalam meningkatkan kompetensi profesional tenaga pendidik.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive analytic dan verivicatif. Tipe penyelidikan yang dilakukan adalah causalities karena menerangkan suatu pengaruh dari satu variabel terhadap variabel lainnya. sumber data dalam penelitian ini adalah pengawas, kepala sekolah dan tenaga pendidik, sampel dalam penelitian ini sebanyak 62 orang. Alat pengumpulan data meliputi angket dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh penulis meliputi uji koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji t serta uji F. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa;  1) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kompetensi profesional tenaga pendidik artinya dengan semakin baiknya kepemimpinan kepala sekolah maka kompetensi profesionalisme tenaga pendidik akan semakin meningkat; 2) Kompetensi pengawas berpengaruh terhadap kompetensi profesional tenaga pendidik artinya dengan semakin baiknya kompetensi pengawas maka kompetensi profesionalisme tenaga pendidik akan semakin meningkat; 3) Kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pengawas berpengaruh terhadap kompetensi profesional tenaga pendidik artinya dengan semakin baiknya kepemimpinan kepala sekolah dan semakin baiknya kompetensi pengawas maka kompetensi profesionalisme tenaga pendidik  akan semakin meningkat. 

Keywords


kepemimpinan kepala sekolah; kompetensi pengawas; kompetensi profesional tenaga pendidik

Full Text:

PDF

References


E., Mulyasa, (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eko Putro Widoyoko, (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar, (2014), Proses Belajar Mengajar, Jakarta Bumi Aksara.

Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kunandar. (2007), Guru Profesional, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhaimin. (2004). Kompetensi Guru . Jakarta. Rieneka Cipta.

Nana Sudjana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim, (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina, (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru. Algensindo.

Trianto, (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi. Konstruktifistik, Jakarta, Prestasi Pustaka

_____, Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional.

_____, Undang-undang RI No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

_____, Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

_____, Permendiknas No.16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i1.29477

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2947

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i1.2947.g25924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar