Analisis Sistem Informasi Manajemen Akademik dan Kompetensi Guru Untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran

Priza Nurfauziah Qatrunnada

Abstract


Mutu hasil pembelajaran di SLB se Kabupaten Pangandaran belum mengarah kepada keterampilan yang dilakukan oleh guru dan nilai-nilai bimbingan, sehingga menghasilkan image dan persuasif negatif pada siswa serta menimbulkan kekecewaan bagi setiap pelanggan pendidikan, hal tersebut timbul karena belum maksimalnya guru menguasai bagaimana menyusun rencana pelajaran yang mengemas isi, media teknologi, dan value dalam setiap proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bagaimana pengaruh sistem informasi manajemen akademik terhadap mutu hasil pembelajaran?, 2) bagaimana pengaruh kompetensi guru terhadap mutu hasil pembelajaran?, 3) Bagaimana pengaruh sistem informasi manajemen akademik dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap mutu hasil pembelajaran?. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode eksplanatori non-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru di SLB Negeri maupun Swasta se-Kabupaten Pangandaran sebanyak 80 orang. Teknik pengambilan sampel secara sensus. Hasil penelitian menunjukkan sistem informasi manajemen berpengaruh positif terhadap mutu hasil pembelajaran sebesar 45,5% dengan P value< α atau 0,000. Kompetensi guru berpengaruh positif terhadap mutu hasil pembelajaran sebesar 62,6% dengan P value< α atau 0,000. Sistem informasi manajemen akademik dan kompetensi guru berpengaruh positif terhadap mutu hasil pembelajaran sebesar 69,7% dengan P value < α atau 0,000.

Keywords


Sistem Informasi Manajemen Akademik; Kompetensi Guru; Mutu Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Anidar, A., Koryati, D., & Deskoni, D. (2018). Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Kecil Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Edisi VI. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Farizal, F. (2019). Proses Komunikasi Guru Dengan Murid Penyandang Autisme Di Sekolah Luar Biasa Muhammadiyah Lamongan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA).

Hamzah, (2007), Profesi Kependidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Herlina, E., Yuliani, D., Kader, M. A., & Syarifudin, D. (2018). Peningkatan Produktifitas Kerajinan Lidi Berbasis Pendampingan Desain dan Pemasaran Online. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 8(2), 25-39.

Kurniawan, J. A., Rahman, H. A., & Soegiyanto, K. S. (2015). Manajemen pembelajaran penjasorkes sekolah luar biasa Negeri se-kota Denpasar. Journal of Physical Education and Sports, 4(1).

Kusnendi, (2007). Validitas dan realibilitas model pengukuran, Program Magister Manajemen Pendidikan Progam Pascasarjana Universitas Galuh.

Mulyatini, N., Herlina, E., & Mardiana, D. (2019). Penerapan Tahapan Perencanaan Anggaran Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Efektivitas Organisasi. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(2), 327-332.

Nana Sudjana, (1989). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung, Sinar Baru.

Nugroho, A. W. (2017). Strategi Sekolah dalam Menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) Berbasis ISO 9001: 2015. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 1(3), 227-235.

Rintiasti, A. (2017). Desain Antar Muka Aplikasi Informasi Terdokumentasi ISO 9001: 2015. Jurnal Teknologi Proses dan Inovasi Industri, 2(2).

Rochaety, E. (2008). SIM Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sallis, Edward, (1993). Total Quality Management in Education, London: Kogan Page Limited,

Suryobroto, B. (2002). Bunga Rampai Pemasyarakatan. Jakarta: Dirjen Pemasyarakatan.

Suwardi, D. R. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2).

Tanjung, M. (2018). Implementasi Sistem Manajemen Mutu International Standards Organization (ISO) 9001: 2000 dalam Pelayanan Terhadap Masyarakat.

_____, Peraturan Pemerintah No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

_____, Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

_____, Peraturan Pemerintah No.74 Tahun 2008 tentang Guru.

_____, Permendiknas No.41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

_____, Undang-undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i2.43554

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i2.4355

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i2.4355.g34376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar