Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Tenaga Pendidik

Heri Rip Kosasih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi supervise akademik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja mengajar tenaga pendidik di SMAN 1 Mangunjaya. Supervisi bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja tenaga pendidik, sehingga peran supervisi dalam proses pengelolaan pendidikan mempunyai peran yang penting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif adapun metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dikelompokan, diseleksi berdasarkan kualitas dan dianalisis secara deskriptif, disimpulkan hasilnya untuk menjawab  permasalahan  yang  ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik sudah terlaksanan dengan baik dibuktikan dengan dilaksanakannya tahapan supervisi akademik dari mulai perencanaan sampai dengan tindak lanjut.

Keywords


Implementasi, Supervisi; Kepala Sekolah; Kinerja; Tenaga Pendidik

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. (2018). Proses pembelajaran digital dalam era revolusi industri 4.0. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kemenristek Dikti.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Aristiana, N. F., Bukhori, B., & Hasanah, H. (2017). Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Islam (Studi Kasus Pelayanan Klinik VCT Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Pasien HIV/AIDS). Jurnal Ilmu Dakwah, 35(2), 249-268.

Bangun, D. (2015). Performance Analysis of Class Teachers in Kecamatan Batu Berak Lampung Barat Lesson Year 2014/2015. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 3(01), 79-90.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (2016). Supervisi Akademik, Program Kepala Sekolah Pembelajaran 2016. Indonesia: http://repositori.kemdikbud.go.id/9042/1/KSP_M10.pdf

Hasri, S. (2009). Sekolah Efektif dan Guru Efektif. Yogyakarta: Aditya Media Printing and Publishing Horner.

Hasyim F. (2012). Jurnal Penelitian Kepala Sekolah. Diambil dari http://etheses.uin-malang.ac.id/3328/1/13710014.pdf

Herlina, E., Yuliani, D., Kader, M. A., & Syarifudin, D. (2018). Peningkatan Produktifitas Kerajinan Lidi Berbasis Pendampingan Desain dan Pemasaran Online. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 25-39.

Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif.

Negara, K. N. P. A. (2009). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Citra Umbara.

Pemerintah RI (2007). Permendiknas No. 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah. Indonesia: http://luk.tsipil.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendiknas13-2007StandarKepalaSekolahMadrasah.pdf

Pemerintah RI (2009). Peraturan Menpan dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Indonesia: https://bkd.wonogirikab.go.id/upload/download/15d0f035a8a14dd191a8dbc2c414b51d_PERMENPAN2009_016.pdf

Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 221-239.

Rohmah, N. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Melakukan Kontrol Mutu Pendidikan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 2(1), 148-180.

Sahertian, P. A. (2000). Konsep dasar & teknik supervisi pendidikan: dalam rangka pengembangan sumber daya manusia. Penerbit Rineka Cipta.

Sutopo, H. B. (2002). Metodologi penelitian kualitatif.

Syafaruddin, S. (2019). Kepemimpinan Pendidikan: Akuntabilitas Pimpinan Pendidikan Pada Era Otonomi Daerah.

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Wahyudi, L. E., & Supardi, Z. A. (2013). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan kalor untuk melatihkan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar di SMAN 1 Sumenep. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2).

WARIS, F. A. (2020). Optimalisasi data pelayanan mahasiswa dan dosen dalam aplikasi smart campus melalui penyediaan dashboard sebagai alat kontrol pimpinan di Politeknik Pembangunan Pertanian (POLBANTAN) Gowa.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i2.43583

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i2.4358

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i2.4358.g34409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar