Peran Kepala Madrasah dalam Pencapaian Kinerja Madrasah

Neni Rohaenah

Abstract


Penelitian ini disusun karena Tujuan ingin mengetahui Peran Kepala Madrasah dalam Pencapaian Kinerja Madrasah di MTs Negeri 1 Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitina deskriptif dengan teknik pengumpuklan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka simpulannya diperoleh sebagai berikut. Secara umum peran kepala Madrasah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator telah di laksanakan oleh Kepala Madrasah MTs Negeri 1 Ciamis. sehingga kinerja Madrasah semakin meningkat baik dari aspek prestasi peserta didik, kinerja guru dan pegawai serta kinerja organisasi Madrasah. Hambatan yang di hadapi bahwa keterbatasan pengalaman dan pengetahuan, kompetensi guru yang berbeda sehingga saat di berikan arahan ada yang cepat mengerti ada pula yang tidak, pelajari dalam pelaksanaan administrasi di Madrasah, masalah waktu, dimana, terkadang pelaksanaan supervisi berbentrokan waktunya, masih banyak inovasi inovasi yang belum dapat di terima oleh stakeholders Madrasah, dan keterbatasan dana. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan  adalah mengikuti pendidikan dan pelatihan secara kontinyu untuk lebih meningkatkan kompetensi saya sebagai kepala, memberikan penjelasan secara detil mengenai aspek-aspek manajerial, diklat, menyingkronkan waktu pelaksanaan supervisi, meningkatkan komptensi, memberikan pembinaan agar semua inivasi dapat di terima oleh stakeholders Madrasah , dengan mencari sumber dana melalui pengembangan kewirausahaan Madrasah.

Keywords


Program Pascasarjana; Universitas Galuh

Full Text:

PDF

References


Hakim, L. 2011. Pengaruh Orientasi Pembelajaran Motivasi Kerja dan Komitmen Terhadap Kinerja Madrasah Swasta. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 359-384.Subijanto, S., & Wiratno, S. 2012. Analisis Kinerja Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 122136.

Ishak, A. P., Soegoto, A. S., & Trang, I. 2016. Lingkungan Kerja, Pelatihan, Dan Pemberdayaan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Asuransi Jiwasraya Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(2).

Makawimbang, J. H. 2012. Kepemimpinan Pendidikan Yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Rohiat, D. 2008. Manajemen Sekolah: Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono, P. D. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, CV.

Suparlan, A. 2005. Pembelajaran berbasis masalah untuk mengembangkan kemampuan pemahaman dan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama (Doctoral dissertation, Tesis PPs UPI: Tidak diterbitkan).

Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i2.43689

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i2.4368

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i2.4368.g34468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar