Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru

Emas Kurnianingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SMA Negeri 1 Banjarsari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah. Setting penelitian  di SMA Negeri 1 Banjarsari. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan wawancara observasi,, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data dianalisis dengan menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi kepala sekolah sebagai edukator adalah menciptakan iklim sekolah yang kondusif, memberikan nasehat kepada warga sekolah, memberikan dorongan kepada tenaga kependidikan serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik. Sebagai manajer Kepala sekolah mampu menghadapi berbagai persoalan di sekolah, berpikir secara analitik, konseptual,  senantiasa berusaha menjadi juru penengah dalam memecahkan berbagai masalah. Kepala sekolah sebagai administrator memiliki hubungan erat dengan berbagai aktivitas pengelolaan administrasi yang bersifat pencatatan, penyusunan, dan pendokumenan seluruh program sekolah. Sebagai supervisor, kepala sekolah mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kependidikan. Sebagai leader harus mampu memberikan petunjuk dan pengawasan, meningkatkan kemauan dan kemampuan tenaga kependidikan, membuka komunikasi dua arah dan mendelegasikan tugas. sebagai inovator, perlu memiliki strategi yang tepat untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan, mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, memberikan teladan kepada tenaga kependidikan dan mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif. Sebagai motivator, kepala sekolah memiliki strategi yang tepat untuk memberikan motivasi kepada para tenaga kependidikan dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2007) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. (2010) Inovasi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Darma, Agus. (2007) Manajemen Sekolah, Jakarta: Depdiknas.

Kunandar.(2007) www.e-jurnal.com/2014/jenis-jenis-kompetensi-html didonwload: Jum’at mtanggal 20 Januari 2017 jam 20:25

Mulyasa E, 2008 “ Standar Kompetensi dan sertifikasi guru” Jakarta Rosda.

_________,Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tahun 2002

_________,Kepmendikbud No 0296/0/1996 tentang peran kepala sekolah

Koswara, Deni dan Triatna, Cepi, tim dosen Administrasi Pendidikan UPI.(2009)

Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Moqvist Louise, 2003. The Competency Dimension of Leadership: Findings from a Study of Self-Image among Top Managers in the Changing Swedish Public Administration. Centre for Studies of Humans, Technology and Organisation, Linköping University.

Moleong, Lexy J., (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif cetakan ke 34, Bandung: Remaja Rosdakarya.

_________, (2017). Profil Sekolah SMAN 1 Banjarsari

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA, CV.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2009), hal 147

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta, Hal 147.

Moleong, Lexy J., (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Hal. 280-284.

Mulyono, Nono. (2015). Pengelolaan Pendidikan, Bandung: Rizki press

Qomar, Mujamil. (2007). Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga

Rosmiati, Tatty dan Kurniadi, Dedy Ahmad, (2009). Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Saipudin.(2004) www.ejurnal.com/2004/pengertian-kompetensi-html didownload: Jum’at tanggal 20 Januari 2017 jam 20:15

Sallis, Edward. (1993). Total Quality Management in Education, London: Kogan Page Education Management Series.

Slamet, Ahmad. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia, Semarang: UNNES Press

Sugiyono. (2005) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. ALFABETA

Suhardan, Dadang. (2014). Supervisi Profesional, Bandung; Alfabeta

Suherli dan Abdurachman, Maman.,(2016). Bungarampai Kepemimpianan Pendidikan, Ciamis: Galuh Nurani.

Suryana, (2014). Manajemen Strategik Untuk Bisnis dan Organisasi Non Profit (Bahan Perkuliahan), Ciamis : Program Pascasarjana Unigal.

_________, Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

_________, 2006. Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. depdiknas.go.id. (accessed 9 Feb. 2003).

_________, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: DepartemenPendidikan Nasional

_________, Peraturan Menteri Menteri Pendidikan Nasional No 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah

_________, Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan

_________, 2006. Depdiknas: Standar Kompetensi Kepala Sekolah TK,SD, SMP, SMA, SMK & SLB, Jakarta : BP. Cipta Karya.

_________, (2002). Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.Jakarta: Depdiknas.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i1.9323

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v1i1.932

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i1.932.g8273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar