Efektivitas Kinerja Komite Sekolah di SMP Negeri 1 Banjarsari

Sunardi Sunardi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Komite sekolah SMPN 1 Banjarsari yang sangat proaktif mendukung pelaksanaan proses pendidikan di SMPN 1 Banjarsari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas kinerja komite sekolah di SMPN 1 Banjarsari, didasarkan pada empat peran komite sekolah yakni sebagai badan pertimbangan (advisory agency), badan pendukung (supporting agency), badan pengontrol (controlling agency) dan badan penghubung (mediator agency). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian Komite sekolah SMP Negeri 1 Banjarsari, dan objek penelitian adalah efektivitas kinerja komite sekolah. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah; (1) Observasi partisipasi pasif, (2) Wawancara semi terstruktur (semistructured interview), (3) Dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan (verifikasi).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kinerja komite sekolah SMP Negeri 1 Banjarsari sebagai pemberi pertimbangan (adivosry agency) belum efektif, (2) Kinerja komite sekolah SMP Negeri 1 Banjarsari sebagai pemberi dukungan (supporting agency) telah berjalan secara efektif, (3) Kinerja komite sekolah SMP Negeri 1 Banjarsari sebagai badan pengontrol (controlling agency) belum berjalan secara efektif, dan (4) Kinerja komite sekolah SMP Negeri 1 Banjarsari sebagai penghubung telah berjalan secara efektif. Kata Kunci: efektivitas; kinerja; peran komite

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik ed rev. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif. Jakarta : Kencana.

Hasbullah. 2010. Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Lexy J. Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Martoyo, Susilo. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE

Kemendiknas. 2002. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Mulyasa, E. 2007 Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2011 Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA, CV.

Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT Refika Aditama.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2000. Tentang Program Pembangunan Nasional(PROPENAS). Jakarta : UU

Undang-Undang No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: UU




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i1.9379

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v1i1.937

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i1.937.g8327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar