IMPLEMENTASI SISTEM ICARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGUNGKAPKAN MONOLOG DESCRIPTIVE LISAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 2 JATINUNGGAL

Yuli Yuli

Sari


Guru bahasa Inggris mengalami kesulitan ketika membelajarkan siswa pada siklus lisan. Oleh sebab itu tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini sebagai suatu upaya untuk meningkatkan keterampilan mengungkapkan monolog Descriptive sederhana yang berterima siswa Kelas VII-A di SMP Negeri 2 Jatinunggal Kabupaten Sumedang. PTK ini menggunakan tiga siklus dengan menerapkan pembelajaran monolog Descriptive lisan sederhana yang berterima menggunakan sistim ICARE. Sistim ICARE dilaksanakan melalui lima tahap yaitu, Introduce (Kenalkan), Connect (Hubungkan), Apply (Terapkan), Reflect (Refleksikan) dan Extend (Perluaslah) pada bahasan Personal Descriptive untuk mendiskripsikan orang-orang terkenal dengan kriteria penilaian meliputi permahaman kosa kata, pengucapan, kelancaran dan ketepatan menggunakan struktur kalimat. Hasil analisis data yang diperoleh secara kualitatif dan secara kuantitaif menunjukkan bahwa dengan menggunakan sistim ICARE, dapat meningkatkan keterampilan siswa mengungkapkan monolog descriptive lisan sederhana yang berterima, hal ini ditandai dengan: (1) meningkatnya keterampilan siswa mengungkapkan monolog descriptive sederhana, (2) meningkatnya kemampuan siswa didalam menggunakan bahasa Inggris lisan yang beterima dengan pengucapan yang relatif tepat, pada umumnya lancar dan menggunakan struktur kalimat yang tepat, (3) meningkatnya keberanian siswa dalam mengungkapkan monolog descriptive sederhana.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman. (2018). Penggunaan Sistim ICARE Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengungkapkan Monolog Descriptive Lisan Sederhana Yang Berterima Bahasa Inggris Siswa. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. 4 (2).

Atmazaki. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Pola Pikir, Pendekatan Ilmiah, Teks (Genre), dan Penilaian Otentik. (Online). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/isla/article/download/3962/3193

Decentralized Based Education (DBE). (2006). Integrasi Kecakapan Hidup dalam Pembelajaran. USAID Indonesia.

Dian., Sunra, L., & Neni. (2022). Penerapan Pembelajaran Sistem Icare untuk Meningkatkan Keterampilan Mengungkapkan Monolog Deskriptif Lisan Sederhana yang Berterima Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pasangkayu Sulawesi Barat. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1).

Eliyawati, R. (2017). Peningkatan Mengungkapkan Monolog Deskriptif Lisan Menggunakan Sistem Icare Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Karangploso. Konstruktivisme. 9 (1).

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.10060

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.