PENERAPAN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI CIPAOT KECAMATAN CILEGON KOTA CILEGON

Siti Rositoh

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan penerapan supervise klinis kepala sekolah. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes diantaranya observasi/ pengamatan dan studi dokumen. Subjek penelitian terdiri dari 6 orang guru di SD Negeri Cipaot. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi berupa rubrik, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi klinis dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran antara lain kinerja guru meningkat ketika membuat perencanaan pembelajaran, melaksanakan  pembelajaran, pembelajarannya, melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian KBM, dimana berdasarkan supervisi klinis terjadi  kenaikan nilai rata-rata pada pra siklus 72,47 diperbaiki pada siklus pertama menjadi 77,02 yang kemudian diperbaiki pada siklus kedua menjadi lebih baik dengan nilai rata-rata 80,3. Sehingga sudah  terlihat  guru  melaksanakan pembelajaran dengan baik sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Sedangkan Peran kinerja guru berdasarkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial dalam penilaian pada supervisi klinis pada siklus pertama terlihat dari nilai rata-rata di pra siklus 72,47 yang kemudian meningkat pada siklus 1 dengan nilai rata – rata 77,02 meningkat lagi pada siklus II menjadi  80,3, hal ini menunjukkan bahwa terdapat kesungguhan guru untuk meningkatkan kinerjanya dengan usaha meningkatkan kompetensinya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi revisi V. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Azwar Saifuddin. 2004. Metode Penelitian Cetakan V. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Binti Maunah. 2009. Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktek. Yogyakarta: Sukses Offset

Kinasih, Temon. 2012. Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis Berkesinambungan Di Sekolah Dasar Negeri 02 Genengan Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Yogyakarta: Media Pustaka

Mangkunegara, Prabu. 2005. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Natawijaya, Rahman. 2006. Peran Guru Dalam Bimbingan di Sekolah. Bandung: CV Abardin.

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Konstektual. Jakarta: Rineka Cipta

Purwanto, Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sahertian, Piet. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Suaidin. 2012. Penerapan Supervisi Klinis Kepala sekolah Upaya Peningkatan Kinerja Guru M atematika Dalam Proses Pembelajaran Di SMA Binaan Kabupaten Dompu Tahun Pelajaran 2011-2012. Jakarta: Media Baca

Sulu Lipu La Sulo. 1998. Supervisi Klinis Pendekatan Bimbingan dalam Penyelenggaraan Program Pengalaman Lapangan (PPL). Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPGSM.

Syafri, Vitalaya. 2007. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Bogor: Galia Indonesia.

Unir, Abdullah. 2008. Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta: Pustaka Iman Madani

Wijayanti, Irine. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : M itra Cendekia

Yamin, Martinis, dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.10188

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.