SUPERVISI AKADEMIK DALAM UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI KOTASARI

Umi Alpiyah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran melalui supervisi akademik. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes diantaranya observasi/ pengamatan dan studi dokumen. Subjek penelitian terdiri dari 10 orang yang terdiri dari 8  guru kelas dan 2 guru mata pelajaran di SD Negeri Kotasari. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi berupa rubrik, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh rerata skor sebesar 65,0 dengan kategori “cukup”. Kemudian meningkat pada siklus II dengan rerata skor sebesar 82,1 dengan kategori “baik”. Terdapat peningkatan skor yang signifikan pada semua aspek penilaian. Maka dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik telah berhasil untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Banun, S., Usman, N., & others. (2016). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Smp Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1).

Basuki, B. (2020). Evaluasi dan Supervisi Standar Kepala Sekolah dalam Peningkatan Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2).

Hajaroh, S., & Adawiyah, R. (2018). Kesulitan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik. El Midad, 10(2), 131–152.

Hasan, R. (2015). Pengaruh Masa Kerja Dan Pendidikan Guru Terhadap Kinerja Guru SDN Sukabumi 10 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(2).

Kinasih, A. M., & Risminawati, M. P. (2017). Problematika Guru Dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Di SD Muhammadiyah 14 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah (Permendikbud Nomor 15 tahun 2018).

Menteri Pendidikan Nasional RI. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI tentang Standar Kepala Sekolah/ Madrasah (Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007).

Onde, M. K. L. O., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406.

Puspitasari, N. (2015). Kemampuan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru (study kasus smk batik 1 surakarta). Jurnal Informa: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 29–36.

Selamet, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Supervisi Manajerial Dan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Studi Deskriptif Kuantitatif pada SMP Negeri di Kota Banjar). Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 73–86.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.10190

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.