ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA

Novia Fauziah, Yoni Sunaryo, Angra Meta Ruswana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan penalaran matematis berdasarkan gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus.Objek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu Madrasah Tsanawiyah daerah Ciamis Kecamatan Baregbeg sebanyak sembilan orang.Pengumpulan data menggunakan angket, tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar tipe visual yang memiliki kemampuan penalaran tinggi, sedang dan rendah dapat menyelesaikan soal penalaran matematis yang diberikan, dengan hambatan kurangnya ketelitian, terpengaruh oleh rekan. Siswa dengan gaya belajar auditori dan memiliki kemampuan penalaran tinggi, sedang dan rendah dapat menyelesaikan soal penalaran matematis yang diberikan, dengan hambatan siswa lebih tertarik jika menyelesaikan soal dengan cara berdiskusi. Siswa dengan gaya belajar kinestik dan memiliki kemampuan penalaran tinggi, sedang dan rendah dapat menyelesaikan soal penalaran matematis yang diberikan, dengan hambatan siswa merasa bosan jika terus-menerus belajar di kelas, kurang minat terhadap mata pelajaran matematika dan tidak bisa diam sehingga waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal banyak terbuang. Kata Kunci :Kemampuan Penalaran, Gaya Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baroody, A. J., & Niskayuna, R. T. C. (1993). Problem solving, reasoning, and communicating, K-8. Helping Children Think Mathematically.

Ghufron, N. M., & Risnawita, S. R. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoritik.Yogyakarta (2nded). Pustaka Pelajar.

Hasrul. (2010). Pemahaman Tentang Gaya Belajar. Jurnal Medtek, 1(2), 1-9.

NCTM. (2000). Principles and Standards with The Learning Mathematics From Assesment Materials. Virginia: NCTM. Inc.

Sopiah, E, S., Effendi, A., & Sunaryo, Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (2), 1-10.

Sopiatin, P., & Sahrani, S. (2011). Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6197

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.