SUPERVISI AKADEMIK DALAM UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SD NEGERI GEDONG DALEM I

Tamisih Tamisih

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui supervisi akademik. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes diantaranya observasi/ pengamatan dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi berupa rubrik, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pada guru kelas III mengalami kenaikan dari 70,75 pada siklus I menjadi 82,5 pada siklus II dengan kategori baik. Begitupun pada guru kelas IV mengalami kenaikan dari 62,75 pada siklus I menjadi 78,5 pada siklus II dengan kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik telah berhasil untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariani, F. (2020). Meningkatkan Ketrampilan Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran melalui Training Perangkat Pembelajaran. Journal of Elementary School (JOES), 3(1), 14–28.

Basri, H. (2018). Kemampuan kognitif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran ilmu sosial bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9.

Khomsiatun, S., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 92–106.

Kosassy, S. (2019). Mengulas Model-Model Pengembangan Pembelajaran Dan Perangkat Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 14(1).

Nafiah, N., Hartatik, S., & others. (2020). Penerapan Manajemen Pembelajaran Berbasis Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. Education and Human Development Journal, 5(1), 9–23.

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9–16.

Rindarti, E. (2018). Peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan RPP kurikulum 2013 revisi 2017 melalui pendampingan berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 59–74.

Rosilawati, T. (2020). Supervisi Akademik dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah Dan Kepengawasan, 2(2).

Salim, S., & Maryanti, E. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika melalui teori pembelajaran sibernetik berbantuan software derive. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 229–238.

Samiuddin, S. (2021). Supervisi Akademik dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 92–97.

Ummah, S. K., & Azmi, R. D. (2020). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Teknologi Informatika dengan Bercirikan Joyful Learning. Publikasi Pendidikan, 10(2), 93–99.

Zulfikar, Y., Ibrahim, S., & others. (2017). Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6988

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.