PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS TPACK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Fitya Syahidah, Endang Hardi, Yoyon Sutresna

Sari


Model Pembelajaran Mind Mapping berbasis TPACK sudah memiliki tujuan yang sesuai dengan kerakteristik abad 21 yang menuntut memiliki kemampuan berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Mind Mapping berbasis TPACK terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Permasalahan yang diuji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penerapan model Mind Mapping berbasis TPACK terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei 2022. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Ciamis sebanyak 32 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan Sampling Total. Desain penelitian menggunakan yang digunakan adalah Pre Experimental dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif yang dua aspek kemampuan berpikir kreatif yaitu berpikir Orisinalitas (originality) menyelesaikan permasalahan dengan gagasan sendiri, dan berpikir memperinci (elaboration) pemecahan masalah dengan melakukan langkah-langkah yang terperinci, dan mengembangkan atau memperkaya gagasan orang lain dalam bentuk soal uraian. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik yang meliputi uji N-Gain, Uji Normalitas, dan Uji Hipotesis (uji Z). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan model Pembelajaran Mind Mapping berbasis TPACK terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci: Mind Mapping, TPACK, Kemampuan Berpikir Kreatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiwati, N., & Waspada, I. P. (2020). Technological Pedagogical Content Knowledge Untuk Meningkatkan Critical And Creative Thingking Skills Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(2).

Dwijananti, P., & Yulianti, D. (2010). Pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran problem based instruction pada mata kuliah fisika lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. AERA-D-American educational research association’s division, measurment and research Methodology: Dept. Of Physics Indiana University.

Leen, C. C., Hong, H., Kwan, F. F. H., & Ying, T. W. (2014). Creative and critical thinking in Singapore schools. Singapore: Nanyang Technological University.

Limbong, W. S., Silalahi, T. M., & Rusliandani, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Melalui Pembelajaran Daring Dan Luring Dimasa Pandemi Covid-19terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ipakelas V Sd Swasta Tp Daya Cipta Ta 2020/2021. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 3(1), 269-277.

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1).

Rahman, B. (2015). Mempersiapkan guru profesional: suatu pendekatan komprehensif (Preparing a professional teachers: a comprehensive approach).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10-16.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8634

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.