IMPLEMETASI MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESAIN (MID) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

Rini Tri Cahyaningsih, Toto Toto, Ida Nuraida

Sari


Rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa di kelas VIII SMP N 3 Ciamis tahun ajaran 2021/2022 menjadi latar belakang adalah dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengingkatan kemampuan koneksi matematis antar siswa yang menggunakan model pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan penelitian the nonequivalent pretest- posttest coutrol grup design. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 3 Ciamis. Adapun sampel yang diambil dua kelas yaitu kelas VIII B dan Kelas VIII A yang masing-masing berjumlah 20 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes kemampuan koneksi matematis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji perbedaan dua rerata t-tes. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi peningkatkan kemampuan koneksi matematis antar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Meaningfil Instruction Desain (MID) dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung, dimana siswa yang menggunakan model pembelajaran Meaningfil Instruction Desain (MID) termasuk dalam kategori sedang dan siswa yang menngunakan model pembelajaran langsung termasuk dalam kategori rendah.Kata Kunci: Kemampuan koneksi matematis, model pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Esti Pratiwi, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID) Terhadap Hasil Belajar Siswa MTS Hasanuddin Pare Pada Materi Segiempat Dan DITINJAU Dari Gender. Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (Mid) Terhadap Hasil Belajar, Mid.

Ida Nuraida & Yoni Sunaryo. (2018). Implementasi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Menumbunhkan Sikap Self Awaraness Siswa Sma. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 5(2), 24–35. https://doi.org/10.35438/e.v5i2.71

Mulyono, N. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran (S. G. Marlyono (ed.)). Rizky Press. NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Nurafni, A. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinaju Dari Selft Confidence Siswa : Studi Kasus DI SMKN 4 PANDEGLANG Abstrak. 2(1).

Purnama, R., & Fadli, V. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(2), 15–18.

Sari, R. P., Johar, R., & Hidayat, M. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar melalui Model Meaningful Instructional Design di SMP PKPU Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 5(1), 54–61.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Alfabeta).

Syahfitri. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTSN MAYAK OAYED. 2(2).

Widarti, A. (2020). Analisis Kesalahan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Matematis Siswa. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 44–52. https://doi.org/10.32528/gammath.v5i1.3201




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8754

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.