MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS

Lala Maulaya Nurmala, Nur Eva Zakiah, Angra Meta Ruswana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model discovery learning dan model pembelajaran langsung, dan (2) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti model discovery learning dan pembelajaran langsung ditinjau dari resiliensi matematis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi exsperimental dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group. Populasi pada penelitian ini siswa kelas XI SMAN 1 Banjarsari Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian ini, lalu terpilih kelas XI IPA 1 sebanyak 36 orang dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung dan kelas XI IPA 2 sebanyak 36 orang dengan menggunakan Model Discovery Learning. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan matematis dan angket resiliensi matematis. Pengumpulan data tes kemampuan pemecahan masalah matematis dilakukan dua kali yaitu sebelum dan setelah pembelajaran. Sedangkan pemberian angket dilakukan diakhir pembelajaran. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Dari hasil penelitian menunjukkan yaitu : (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang menggunakan model discovery learning dan model pembelajaran langsung; dan (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang menggunakan model discovery learning dan model pembelajaran langsung ditinjau dari resiliensi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asih, Sari, Isnarto, Sukestiyarno, & Wardono, (2019). Resiliensi matematis pada pembelajaran discovery learning dalam upaya meningkatkan komunikasi matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2: 862–68.

Jayanti, Dwi, Irawan, & Irawati (2018). Kemampuan pemecahan masalah kontekstual siswa sma pada materi barisan dan deret. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5): 671–78.

Nurhasanah, Kania, & Sunendar. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP. Didactical Mathematics, 1(1), 21–33. Https://Doi.Org/10.31949/Dmj.V1i1.1113

Rahmatiya, Rizqa, & Miatun, (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2): 187.

Sari, Agustina, & Antarti, (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan resiliensi matematis. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(1): 30.

Rohmah. (2020). Eksperimentasi model pembelajaran connecting organizing reflecting extending dan model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan koneksi matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa di kabupaten karanganyar, 1–9. Https://Doi.Org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Rofiqoh, (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas x dalam pembelajaran discovery learning berdasarkan gaya belajar siswa. Unnes Journal of Mathematics Education.

Sugiono, (2016). Statistika untuk penelitian. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Syarifuddin. (2019). Analisis covarians (Anacova). Research gate, November, 1–26. Http://Www.Researchgate.Net/Publication/337332225

Lestari & Yudhanegara. (2015). Penelitian pendidikan matematika. (Anna, Ed.) Bandung: Pt Refika Aditama.

Zakiah, N. E. (2017). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Pedagogy, 2(2), 11–29.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111–120.

Zakiah, N. E. (2020). Level kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132-147.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8828

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.