PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KAWALI

Tina Lisa Edtami, Rizka Andhika Putra, Ahyo Ruhyanto

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kawali. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pemilihan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang tepat sehingga membuat siswa kurang bersemangat dalam belajarnya. Selain itu juga, siswa kurang dilibatkan dalam proses belajar mengajar berlangsung, akibatnya siswa sering tidak memahami maateri yang diajarkan. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek. Adapun tujuan dari penelitian ini: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Pembelajaram Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada pengukuran awal (Pretest) dan pengkuran akhir (Posttest). (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest). (3) Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap hasil belajar. Di dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adlah Quasi Experimental Design yaitu Nonequivalent Control Group Design.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Amin, dan Yurike, Linda SS. 164 Model Pembelajaran Kontemporer.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamaluddin, Ahdar dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV Kaaffah Learning Center.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman , Muhammad. 2016. Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Khuluqo, Ihsana El. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Konsep Dasar, Metode Dan Aplikasi Nilai-nilai Spritualitas Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mulyono, Nono. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.

Murniarti, Erni. 2016. Penerapan Metode Project Based Learning

Nurogo, Lingga Jati. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Mata Pelajaran teknik Pemesinan Bubut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah Prambanan. Tesis. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Nuryadi, Dkk. 2017. Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Yang Mengatur Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Rahmadi. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Ramadhani, Yulia Rizki, Dkk. 2022. Pengantar Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Rusman. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sasmi, Wilda Yulia, Dkk. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 5 Pekanbaru

Sudjana. 2000. Statistika Untuk Ekonomi Dan Niaga. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tinenti, Yanti Rosinda. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: CV Budi Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8888

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.