PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL (LATIHAN) DAN METODE RESITASI DI SMA NEGERI 1 KAWALI

Adi Setiawan, Rizka Andhika Putra, Rini Agustin Eka Yanti

Sari


Rendahnya hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar  merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk  segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi  oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan metode pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan  oleh pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode drill (Latihan) pada pengukuran awal dan pengukuran akhir; 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode resitasi pada pengukuran awal dan pengukuran akhir; 3) Untuk.mengetahui perbedaaan hasil belajar menggunakan metode drill dengan metode resitasi pada pengukuran akhir. Metode penelitian yang digunakan metode  eksperimen desain Quasi Experimental Design dengan jenis desainnya yaitu Nonequivalent Control  Group Design. Kesimpulan dari hasil penelitian, maka dapat penulis simpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode drill (Latihan) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peseta didik yang menggunakan Metode Resitasi pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode drill (Latihan) dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode resitasi pada pengukuran akhir (posttest).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jihad & Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press.

Ricardo & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen,2(2),188-209.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Siadi, Mursiti, & Laelly. 2009. Komparasi Hasil Belajar Kimia Antara Siswa Yang Diberi Metode Drill dengan Resitasi. J.Inov. Pendidik. Kim.,vol. 3,no. 1, pp 360-365

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8913

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.